Membedah Rumah Warga Melalui Karang Taruna

SEBAGAI sebuah organisasi sosial kepemudaan, karang taruna tidak hanya menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan generasi muda. Namun juga dituntut untuk mampu mengembangkan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial dan usaha ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Peran karang taruna sebagai wadah pengembangan kegiatan pelayanan sosial itulah yang nampaknya sangat dipahami betul oleh pemuda Desa Lebak Tipar, Kecamatan Cilograng.

Melalui program Karang Taruna Berbakti tahun 2017, para pemuda melakukan penggalangan dana baik dari warga maupun donatur untuk bisa segera membangun rumah pasangan suami istri (Pasutri) Maman (32) dan Mimin (30) warga Kampung Tipar RT16/RW 03, Desa Lebak Tipar, Kecamatan Cilograng. Tokoh pemuda Desa Lebak Tipar Kecamatan Cilograng, Didi kepada sejumlah wartawan mengatakan, pasutri yang tinggal di rumah tidak layak huni dan nyaris roboh di Kampung Tipar dalam waktu dekat akan menempati rumah yang layak huni.

Pembangunan rumah keluarga tersebut dibiayai sementara ini dari iuran warga setempat dan para dermawan yang digalang melalui Karang Taruna Berbakti 2017. ”Awalnya kami mendapat informasi dari Kaur Ekbang Desa Lebak Tipar, bahwa sebenarnya kondisi rumah milik Maman sudah nyaris roboh. Upaya Pemerintah desa (Pemdes) melalui usulan ke dinas terkait hingga sekarang belum juga terealisasi,” kata Didi, Jumat (8/9/2017).

Dengan melihat kondisi dan berbekal informasi itu, ujar Didi, maka melalui Karang Taruna Berbakti 2017, pihaknya segera melakukan upaya untuk bisa membantu meringankan penderitaan warga desanya itu. Salah satunya dengan kerja nyata melakukan penggalangan dana. ”Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih para dermawan juga warga Kampung Tipar yang telah membantu baik material kayu, batu, pasir dan juga ada yang menyumbang dalam bentuk uang,” ujarnya Didi mengaku, pihaknya masih menunggu bantuan dari Pemkab Lebak maupun Pemprov Banten agar perbaikan atau pembangunan rumah warga yang benar-benar merupakan warga kurang mampu ini bisa berjalan lancar.

Terpisah, Camat Cilograng, Edi kepada wartawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja nyata karang taruna desa, dan berjanji akan turut memberikan bantuan material berupa kayu dan semen dalam kegiatan bedah rumah pasutri tersebut. “Program yang sangat baik ini tentunya harus didukung. Mudah-mudahan kegiatannya dapat berjalan lancar serta dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain khususnya di Kecamatan Cilograng,” tutur Camat Edi. (Dini Hidayat/KB)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here