Membangun Keluarga dari Generasi Berencana

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si, saat mensosialisasikan program KKBPK di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Selasa (9/4/2019)*

TANGERANG, (KB).- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Sosialisasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama Mitra tahun 2019 bertajuk “Generasi Berencana (Genre) Menuju Generasi Emas Tahun 2045”, di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Selasa (9/4/2019).

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana M.Si mengatakan, dalam membangun keluarga bukan hanya sekedar tangungjawab ibu, bapak ataupun anak tetapi tangungjawab seluruh anggota keluarga tersebut. Setiap anggota keluarga terlibat dan berperan aktif dalam membangun keluarga, ujarnya.

Ia mengatakan, dalam membangun keluarga, salah satunya diawali dari generasi berencana atau pemuda dan pemudi. Melalui generasi berencana diharapkan tercipta generasi emas di tahun 2045 yaitu generasi yang lebih pintar dan berakhlakul karimah yang punya nilai-nilai. “Tanggungjawab melahirkan generasi emas tersebut juga terdapat pada orangtua. Tanpa bimbingan orang tua, generasi muda rentan masuk dalam budaya negatif yang pasti berakibat tidak baik, ujarnya.

BKKBN diberi amanat oleh Undang-undang untuk meyelenggarakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK). “Dulu BKKBN hanya mengerjakan program keluarga berencana. Kalau orang mau ber-KB itu datangnya ke BKKBN tapi sekarang sudah ada yang menangani program KB di kabupaten/kota. Tapi, kenapa sekarang namanya masih BKKBN? Dulu BKKBN pernah berhasil, bahkan dihargai oleh tingkat internasional oleh PBB karena berhasil mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk,” ungkapnya.

Aan mengatakan, pihaknya berharap dan mengajak agar masyarakat melaksanakan program KKBPK untuk menerima manfaat keluarga menjadi sejahtera, dan keluarga menjadi berkualitas. “Jadi, itu tujuan diadakannya program KKBPK,” ujarnya. (KO)*  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here