Memasuki Usia 2 Tahun, Bank Banten Catat Pertumbuhan Kredit 50,20%

Direktur Utama Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa (kiri) melakukan seremonial pemotongan tumpeng pada Peringatan HUT ke-2 Bank Banten di Serang, Senin (30/7/2018). Acara tersebut disaksikan oleh jajaran Direksi Bank Banten (kanan ke kiri: Direktur Bank Banten Kemal Idris, Direktur Bank Banten Bambang Mulyo Atmojo, dan Direktur Bank Banten Jaja Jarkasih).*

Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk selaku bank kebanggaan milik masyarakat Banten genap memasuki usia 2 tahun, Ahad (29/7/2018). Meski tahun kedua menghadapi banyak tantangan, namun Bank Banten mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 50,20 persen secara year on year dari Rp 3,72 triliun pada Mei 2017, menjadi Rp 5,59 triliun pada Mei 2018. Peringatan HUT ke-2 Bank Banten dihadiri oleh jajaran direksi, dewan komisaris, dan seluruh karyawan Bank Banten.

“Saat ini, Bank Banten berada dalam Fase Pertama Roadmap Transformasi atau yang disebut dengan Fase Consolidation & Expansion,” ujar Direktur Utama Bank Banten, Fahmi Bagus Mahesa, Selasa (31/7/2018). Pada fase pertama tersebut, terdapat tujuan dan arah kebijakan strategis seperti penguatan permodalan bank, perbaikan komposisi DPK terutama dana murah (CASA), penyaluran kredit baru yang berkualitas, evaluasi jaringan kantor, dan peningkatan kerja sama pelayanan/jasa Perbankan. “Dalam roadmap transformasi tersebut dapat saya sampaikan, bahwa saat ini Bank Banten sudah berada di jalur yang benar (on the right track),” tutur Fahmi.

Meskipun di tahun kedua ini merupakan tahun yang cukup menantang, namun Bank Banten berhasil mencatatkan beberapa perbaikan kinerja. Seperti penyaluran kredit, perseroan mampu mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 50,20 persen secara year on year dari Rp 3,72 triliun pada Mei 2017, menjadi Rp 5,59 triliun pada Mei 2018. Hal itu dihasilkan dari pengembangan bisnis baru yaitu kredit konsumer dan kredit komersial.

Selanjutnya itu, pertumbuhan penghimpunan Dana Pihak Ketiga meningkat sebesar 3,45 persen secara year on year, dari Rp 6,24 triliun pada Mei 2017 menjadi Rp 6,46 triliun pada Mei 2018. Pertumbuhan aset perusahaan meningkat sebesar 9,49 persen secara year on year, dari Rp 7,34 triliun pada Mei 2017 menjadi Rp 8,04 triliun pada Mei 2018.Hasil dari perbaikan kinerja keuangan tersebut, diikuti dengan penurunan rugi bersih pada Mei 2018 sebesar 5, 27 persen secara year on year dari Mei 2017.

Rangkaian acara HUT

Sementara itu, serangkaian seremonial dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Bank Banten, diselenggarakan di Kantor Pusat Non-Operasional Bank Banten, Serang, Ahad (29/7). Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HUT Bank Banten yaitu melakukan Corporate Social Responsibility (CSR), dengan menggelar donor darah dan memberikan sejumlah bantuan sarana pendidikan kepada Panti Asuhan Nurul Islam di Serang.

Seluruh bantuan diserahkan Sekretaris Perusahaan Bank Banten, Muhammad Haikal kepada Ketua Panti Asuhan Nurul Islam, Nuris Nuriyah. “Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat dan berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Provinsi Banten. Selain itu, membuktikan bahwa Bank Banten hadir di tengah masyarakat Banten, guna menunjukkan komitmen manajemen untuk menjadi bank pilihan masyarakat Banten,” ujar Haikal.

Pengembangan jaringan kantor Bank Banten akan terus dilakukan. Saat ini telah beroperasi 26 Kantor Cabang (KC) yang 7 di antaranya berlokasi di Banten, 11 Kantor Cabang Pembantu (KCP) termasuk 7 KCP di Wilayah Banten, 4 Kantor Kas di Banten, 1 Payment Point di Banten, 5 Smart Van atau mobil kas keliling yang beroperasi di Banten, dan 114 unit ATM yang berada di Banten dari total 140 unit ATM se-Indonesia.

Bank Banten juga terus berupaya meningkatkan sistem teknologi dan menciptakan inovasi demi memberi kemudahan kepada nasabah. Layanan berbasis teknologi lainnya pun akan dikembangkan, sejalan dengan meningkatnya kebutuhan nasabah akan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi. Selanjutnya, improvisasi yang terus dilakukan Bank Banten diharapkan menjadi pondasi yang baik bagi perkembangan Bank Banten untuk tahun-tahun selanjutnya. (Yadi Jayasantika)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here