Melihat Cantiknya Taman Firdaus Warunggunung

BERAWAL dan terinspirasi untuk memanfaatkan lahan serta menyalurkan hobi, Hasyim Rifai warga Jalan Situ Citundun Kampung Pasirbedil, Desa Cempaka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak menanam ribuan batang bunga di kebun miliknya.

Saat ini, kebun yang diberi nama Taman Bunga Firdaus telah menjadi salah satu destinasi taman bunga favorit di Kabupaten Lebak. Taman Bunga Firdaus merupakan tempat wisata baru dengan menyajikan pemandangan bunga segar dan cantik, sebagai alternatif liburan keluarga untuk mengisi akhir pekan dengan lokasi cukup dekat dari kota Rangkasbitung, tanpa harus berlama-lama menjenuhkan di perjalanan.

“Kebun bunga saya ini dinamakan Taman Firdaus. Sengaja dibuat, selain karena hobi juga memanfaatkan lahan kebun yang saya miliki, ternyata banyak yang suka dan mengusulkan agar dijadikan destinasi wisata bunga,” kata Hasyim kepada salah seorang penggiat wisata di Kabupaten Lebak Dian Wahyudi yang kemudian membagikan cerita melalui tulisan untuk pembaca Kabar Banten.

Menurutnya, Taman Bunga Firdaus saat ini memiliki beragam jenis bunga yang ditanam secara rapi dan terawat. Hamparan bunga celosia, zinia, gomverma, bunga matahari dan bunga jengger ayam tampak cantik, sehingga membuat banyak orang betah berlama-lama melihatnya.

Hasyim mengatakan, dirinya sengaja tertarik mendesain tanam bunga layaknya di negeri dongeng. Sehingga setiap pengunjung akan disuguhkan pemandangan taman bunga yang indah. Jalan lingkungan berupa paving block tertata rapi. Cukup leluasa untuk pengunjung mengambil sudut foto tanpa berdesak-desakan, atau terganggu oleh pengunjung lainnya.

“Untuk mendekatinya, kami juga bangunkan sebuah jembatan dan saung bambu bertingkat 2 lantai. Saung itu untuk memudahkan pengunjung berswafoto dari ketinggian tanpa harus menggunakan drone,” tutur Hasyim.

Saung bambu didesain cukup unik 2 lantai. Di lantai atas bisa lesehan serta dapat pula digunakan untuk acara-acara formal seperti rapat maupun non formal. Semisal acara arisan, reuni, dll yang dapat menampung antara 50-70 orang. Lantai bawah digunakan untuk kantin yang menyediakan berbagai jenis minuman ringan ataupun kemasan praktis, bakso, kopi, dll.

Di sebelah timur juga terdapat saung 2 lantai. Di lantai 2 digunakan untuk berfoto-foto, sedangkan lantai bawah digunakan untuk musala, tempat wudhu dan toilet. “Saya merasa puas berkunjung ke sini, dimanjakan dengan pemandangan bunga-bunga yang cantik dan indah. Lain waktu saya sepertinya akan ke sini lagi, fasilitasnya cukup lengkap, semoga terus dibenahi oleh pengelola, ” ujar Acep Mukti salah seorang pengunjung.

Acep mengungkapkan, Taman Bunga Firdaus selain dijadikan tempat rekreasi keluarga, ke depan ada baiknya digagas sebagai tempat belajar ataupun penelitian pelajar agar dapat langsung berinteraksi dengan alam. (Tono Soemarsono)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here