Melalui Sawarna Best Festival, Target Kunjungan Wisata Terlampaui

SAWARNA Best Festival 2017 yang diselenggarakan selama sepekan mulai Jumat hingga Selasa (13-18/10/2017), merupakan salah satu upaya serius Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak dan stakeholders beserta elemen masyarakat untuk meningkatkan kunjungan wisata di antaranya melalui event wisata tahunan. Langkah dan upaya itu dinilai cukup berhasil, karena jumlah kunjungan wisatawan ke daerah yang dikenal dengan julukan kabupaten seribu madrasah itu telah melampaui target yakni sebanyak 502.000 pengunjung.

Bupati Lebak, Hj. Iti Oktavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi Sekda Lebak, Ir. Dede Djaelani dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muhamad Farid Darmawan mengatakan, Pemkab Lebak melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menargetkan 500.000 orang kunjungan wisata pada tahun 2017 dan sampai pada bulan Oktober ini sudah mencapai 502.000 orang wisatawan dari lokal, domestik serta wisatawan asing.

“Sawarna Best Festival ini salah satu ikhtiar kami Pemda Lebak dan stakeholders serta elemen masyarakat untuk menarik pengunjung sambil memperkenalkan dan mempromosikan Pantai Sawarna. Alhamdulillah sudah melampaui target kunjungan dan kunjungan wisata ke Sawarna mendominasi,” kata Bupati Iti Oktavia Jayabaya. Menurut Iti, dukungan dari Pemkab Lebak akan terus dilakukan dan dalam rangka menggenjot destinasi wisata dengan terus berupaya mendorong promosi, meningkatkan sarana dan prasarana terutama infrastrukturnya.

”Hampir 30 persen lebih kita alokasikan untuk di wilayah selatan. Ini dilakukan sebagai ikhtiar kita untuk menunjang sektor pariwisata. Kita sedang dan telah membangun gerbang Sawarna penataan sempadan pantai, sign text Pantai Tanjung Layar, pembangunan lifeguard pos kesehatan, plaza kios-kios termasuk kita bangun komunitas pengolah pisang. Kita juga akan membangun gerbang Bageudur termasuk toilet serta jalan,” ujarnya. Iti menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lebak sudah mulai melakukan penataan yang menjadi kewenangannya dan bersinergi dengan stakeholders lainnya yaitu PT Cemindo Gemilang.

”Kenapa harus dilakukan karena kita juga ingin meningkatkan kemandirian wilayah kemudian yang menjadi kewenangan provinsi akan mendorong itu. Salah satu upaya kita yang sinergis dengan stakeholders lainnya yaitu dengan cemindo adalah membuka jalan baru,” ucapnya. Ditambahkan, pembukaan jalan baru sangat diperlukan untuk mempermudah pengunjung lokasi-lokasi atau spot-spot destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lebak di antaranya Pantai Legon Pari, Pasir Putih, Cibobos, suaka hutan lindung, situs kosala, cibedug, seren taun. (Dini Hidayat)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here