Sabtu, 22 September 2018

Melalui Program Gerobak Bersemangat, YBM BRI Bantu Pedagang Kecil

SERANG, (KB).- Yayasan Baitul Maal BRI ( YBM BRI ) memberikan bantuan gerobak kepada sejumlah pedagang kecil, di Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (10/01/2018). Penyerahan bantuan diberikan perwakilan YBM BRI dan perwakilan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harapan Dhuafa (Harfa).

Staf Senior Corsec YBM BRI Wiwit Widya Hendriani, mengatakan program Gerobak Bersemangat memiliki tujuan meningkatkan pendapatan usaha mustahik melalui penguatan modal usaha.  Ia menuturkan, jumlah gerobak yang diberikan kepada pedagang  berjumlah 2440 gerobak di seluruh Indonesia.

“Penerima manfaat gerobak adalah mereka yang telah memiliki usaha dengan gerobak yang sudah tidak layak lagi untuk digunakan,” katanya. Ia menuturkan,  program Gerobak Bersemangat sebelumnya pernah juga disalurkan dan berdasarkan hasil monev menunjukkan dapat meningkatkan pendapatan mustahik sebesar 19,40% dan memberikan pengaruh positif bagi perekonomian mustahik sehingga mereka mampu mengembangkan usahanya.

“Pemberian gerobak ini merupakan bentuk perhatian YBM BRI untuk pedagang kecil, diharapkan bantuan dapat meningkatkan geliat ekonomi masyarakat kecil yg bermuara pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka,” katanya.

Manager program LAZ Harfa Muhammad Mukri Mengungkapkan, pemberian gerobak usaha sebagai bentuk perhatian YBM BRI Jakarta agar pedagang kecil memiliki fasilitas usaha yang layak, bersih dan juga sehat. “YBM BRI memberikan gerobak usaha pada pedagang kecil untuk membantu masyarakat dhuafa, memiliki fasilitas usaha yang layak, bersih dan sehat. Harapannya semakin fasilitasnya baik, semakin banyak juga pelanggannya,” ujarnya.

Mukri mengatakan gerobak usaha tersebut dibagikan pada mustahik di berbagai daerah Provinsi Banten dengan segmen para pedagang kecil pangkalan. “Seperti yang kita ketahui bersama permasalahan masyarakat dhuafa terletak pada masalah finansial yang tidak mencukupi kebutuhan. Selain itu angka kemiskinan yang kian hari bertambah, tentunya perlu ada solusi yang tepat dan cepat dalam optimalisasi pemberdayaan ekonomi,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi yang didapat dari pihak BPS Provinsi Banten tentang bertambahnya angka kemiskinan di Banten tentunya menjadi satu fokus perhatian dan mendapat langkah yang kongkrit dan tepat. Hal itu, ujar dia, dapat dilakukan dengan cara bermitra dengan pihak pemerintah dan swasta dalam membangun program yang bersifat pemberdayaan. YBM BRI mengawali dengan menyalurkan sejumlah bantuan gerobak kepada para pedagang kecil atau pangkalan untuk kemudian dijaadikan fasilitas dalam usahanya.

“Semoga YBM BRI terus menjadi win-win solution atas permasalahan ekonomi masyarakat dhuafa,” katanya. Seorang penerima manfaat dari YBM BRI Siti Rohmah, mengaku senang atas bantuan gerobak usaha dari YBM BRI. “Senang bisa mendapatkan bantuan dari YBM BRI. Jadi dagangan saya tidak berantakan dan terlihat lebih rapi, ketika saya menggunakan gerobak ini, Semoga semakin maju dan sukses untuk YBM BRI,”  katanya. (DE)***


Sekilas Info

Suzuki Cilegon Tawarkan DP Murah All New Ertiga

CILEGON, (KB).- Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN), PT Restu Mahkota Karya (RMK) cabang Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *