Masyarakat Harus Jadi Agen Promosi Wisata

Negeri di Atas Awan Citorek, salah Satu Destinasi Wisata di Kabupaten Lebak.*

SUDAH bukan rahasia umum, jika Kabupaten Lebak merupakan daerah yang dikenal menyimpan beragam potensi wisata yang sudah banyak dikenal wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya adalah destinasi wisata alam Gunung Luhur atau yang lebih dikenal “Negeri di Atas Awan” Desa Citorek, Kecamatan Cibeber.

Viralnya destinasi wisata yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan, tak terlepas dari peran masyarakat yang ikut mempromosikan wisata di daerahnya. Sehingga, peran masyarakat sangat diperlukan sebagai agen promosi wisata.

“Masyarakat harus menjadi agen promosi wisata daerah. Karena itu, pemerintah daerah selalu membuka diri untuk menerima informasi-informasi dari masyarakat di berbagai daerah terkait keberadaan potensi-potensi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata,” kata Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi saat mengeksplorisasi destinasi Gunung Kendeng, Rabu (11/12/2019).

Menurut dia, pemerintah daerah dengan visinya menjadikan destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal terus mengeksplorasi potensi-potensi alam, sosial dan budaya yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Untuk mengeksplorasi potensi itu, tentu butuh dukungan dari semua pihak.

“Gunung Kendeng sendiri merupakan salah satu gunung yang terdapat di desa Citorek selain gunung luhur. Itu merupakan salah satu kekayaan yang di miliki Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain pemandangan hamparan awan yang begitu luas, Gunung Kendeng juga tengah menjalani tahap pembangunan salah satunya penyediaan track untuk bersepeda dan penanaman buah stawberi. Dimana, masyarakat Citorek Timur sendiri sebelumnya banyak menanam buah stawberi ini dirumahnya masing-masing dengan hasil buahnya yang cukul baik.

“Kepada wisatan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Lebak, bisa mendatangi Gunung Kendeng sebagai salah satu pilihan wisata yang disuguhkan di Kabupaten Lebak,” ujar Ade.

Sementara, Kepala Desa Citorek Timur Jajang Kurniawan mengatakan, dengan potensi yang dimiliki gunung kendeng, masyarakat secara mandiri dan gotong-royong mulai menata Gunung Kendeng dengan harapan dapat menjadi salah satu destiansi wisata di Lebak yang dapat menarik minat wisatawan.

“Sebenernya masyarakat sudah mengetahui soal pemandangan awan di gunung kendeng dari dulu, hanya saja belum terfikir untuk bisa dikembang menjadi tempat wisata, dan semenjak visi pemerintah sekarang tentang wisata, masyarakat mulai sadar bagaimana memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah guna meningkatkan perekonomian,” pungkas Jajang. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here