Masyarakat Harus Ikut Awasi Dana Desa

LEBAK, (KB).- Masyarakat tidak boleh hanya menjadi penonton saat dana desa (DD) dimanfaatkan. Jika menemukan adanya dugaan penyelewengan dana desa, maka harus langsung berani melaporkan.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi dalam kunjungan perdananya ke Desa Leuwi Ipuh dan Kerta, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Selasa (5/11/2019).

Hadir pada acara itu Kiai Bubun, salah satu adik Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin, Camat Banjarsari H. Sukanta, Kepala Desa (Kades) Kerta Muhaemin dan sejumlah Tokoh masyarakat (Tokmas).

”Saya meminta seluruh masyarakat mengawal penggunaan dana desa yang dikucurkan pemerintah. Jumlah desa dan dana desa kan tidak sedikit. Kami akan minta bantuan dari berbagai elemen masyarakat untuk sama-sama mengawal permasalahan desa,” ujar Wamendes PDTT Budi Arie.

Menurut ketua relawan Projo tersebut, selain melakukan pengawasan, masyarakat tidak boleh hanya menjadi penonton saat dana desa dimanfaatkan.

“Kalau ada masalah, kita akan langsung cari dan temukan solusi untuk mengatasinya. Rakyat jangan jadi penonton pembangunan. Pengawasan dana desa terbaik adalah lewat peran aktif masyarakat itu sendiri,” katanya.

Diketahui, Wamendes PDTT Budi Arie melakukan kunjungan kerja perdananya ke Desa Leuwi Ipuh dan Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Selasa (5/11/2019).

Wamendes PDTT Budi Arie tiba di Leuwi Ipuh sekitar pukul 16.00, langsung meninjau jembatan gantung rusak yang menghubungkan empat desa dan digunakan para pelajar Sekolah Dasar (SD) sehingga sangat membahayakan.

Melihat kondisi jembatan gantung yang mengerikan, Wamendes PDTT menyebutnya jembatan gantung dengan panjang 70 meter dan ketinggian 10 meter sebagai Indiana Jones.

Usai meninjau jembatan, Wamendes PDTT pada Selasa malam, meninjau dan melakukan gunting pita sebagai tanda diresmikannya Site Plan Agro Wisata Kerta Warna yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerta. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here