Masyarakat Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

LEBAK, (KB).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem. Khususnya hujan lebat disertai angin kencang serta sambaran petir selama sepekan ke depan guna mengurangi risiko kebencanaan.

Cuaca ekstrem berpeluang terjadi sore hingga malam dan tanda-tandanya pada siang hari panas terik matahari. Kepala Pelaksana harian BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi menyatakan, pihaknya berkewajiban untuk terus menyampaikan imbauan pada masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem agar terhindar dari risiko kebencanaan.

”Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang memperkirakan cuaca ekstrem akan melanda wilayah Lebak selama sepekan mendatang. Karena itu, kami berkewajiban untuk meneruskan informasi itu serta mengimbau masyarakat agar cuaca ekstrem tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan,” kata Kaprawi, Rabu (12/12/2018).

Menurutnya, selama ini Kabupaten Lebak dipetakan sebagai daerah rawan banjir dan longsor serta puting beliung. Daerah rawan bencana itu tersebar di sembilan kecamatan karena lokasinya di perbukitan, pegunungan dan aliran sungai (DAS). Kesembilan kecamatan itu adalah Lebak Gedong, Cibeber, Cipanas, Muncang, Sobang, Gunungkencana, Bojongmanik, Cimarga, dan Cigemblong.

”Kami terus melakukan pemantauan di lapangan, karena cuaca ekstrem tersebut belum menyeluruh di 28 kecamatan. Berdasarkan hasil pemantauan, pada wilayah Lebak bagian tengah dilanda cuaca ekstrem, namun di wilayah Lebak bagian tengah cuaca cukup baik,” ujarnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here