Jumat, 22 Juni 2018

Masuk Masa Panen, Harga Beras Mulai Turun

SERANG, (KB).- Memasuki masa panen padi di Kota Serang diikuti dengan mulai menurunnya harga beras di beberapa pasar tradisional. Namun, penurunan harga tidak terlalu signifikan, seperti harga normal sebelumnya. “Beras itu sudah turun seminggu terakhir ini, tapi penurunannya hanya sedikit. Tidak terlalu signifikan, paling hanya beberapa persen,” kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagkop dan UMKM Kota Serang, Handriyan Mugin kepada Kabar Banten, Jumat (9/2/2018).

Ia menuturkan, untuk operasi pasar (OP) akan tetap dilakukan hingga Maret 2018 mendatang. Kegiatan tersebut akan tetap dilakukan hingga harga beras kembali normal, seperti sebelum adanya kenaikan. “Kami bersama Bulog akan tetap melakukan OP, karena harga penurunannya sedikit. Untuk masalah penolakan pedagang terkait kondisi beras Bulog, kemarin kami sudah meminta Bulog untuk menggantinya dengan kondisi beras yang lebih bagus atau lebih diterima di pasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (DPKP) Kota Serang, Anis S Salam menjelaskan, memasuki Februari, sebagian petani di Kota Serang sudah melakukan panen padi. Namun, ada sebagian lagi yang belum melakukan panen. “Yang panen di bulan ini, adalah petani yang melakukan tanam di Oktober 2017 lalu. Nanti akan ada penanaman lagi di Maret,” ucapnya. Ia menjelaskan, hasil panen tersebut akan didistribusikan ke Toko Pertanian Indonesia (TPI) maupun ke lumbung padi yang dimiliki di beberapa kecamatan di Kota Serang. “Nanti akan dijual lagi, tapi hanya untuk masyarakat yang tidak mampu,” tuturnya.

Selain itu, DPKP Kota Serang melakukan kerja sama dengan Bulog terkait ketahanan pangan. Ia mengatakan, kerja sama dilakukan untuk menanggulangi kerawanan pangan, tetapi hanya untuk masyarakat tidak mampu serta bantuan untuk para petani yang terkena bencana. “Kami sudah menyediakan itu bersama pemerintah daerah dan Bulog. Beras-berasnya diberikan untuk masyarakat tidak mampu, agar mereka tidak perlu lagi membeli beras di pasaran yang terkadang mengalami kenaikan. Kalau dari pemerintah kan pasti lebih murah dan kondisinya dijamin bagus,” katanya. (TM)***


Sekilas Info

Pemudik Asal Banten Kecelakaan di Tol Fungsional Batang-Pemalang, Wakil Kepsek MAN Cikeusal

SERANG, (KB).- Pemudik asal Provinsi Banten yang mengalami kecelakaan di tol fungsional Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *