Massa Jabatan Segera Berakhir, Randis Pimpinan DPRD Banten Ditarik

SERANG, (KB).- Sekretariat DPRD Banten akan segera menarik kendaraan dinas (randis) pimpinan DPRD Banten. Hal tersebut dilakukan mengingat masa jabatan mereka akan segera berakhir dan digantikan dengan Anggota DPRD Banten yang terpilih pada Pemilu serentak 2019.

Diketahui, ada sekitar 12 parpol peserta Pemilu serentak 2019 yang akan mengisi kursi DPRD Banten. Mereka terdiri atas Gerindra dengan perolehan 16 kursi, PDIP 13, Golkar 11, PKS 11 dan Demokrat 9. Selanjutnya, PKB 7, PAN 6, PPP 5, Nasdem 4, Berkarya 1, PSI 1 dan Hanura 1 kursi.

Sekretaris DPRD Provinsi Banten EA Deni Hermawan mengatakan, pihaknya segera berkirim surat kepada pimpinan DPRD Banten terkait penarikan randis. Penarikan ini diperkirakan berlangsung 25 Agustus 2019.

“Untuk nanti dipersiapan oleh pimpinan yang baru. Kalau pimpinan kan tidak menggunakan tunjangan transportasi. Anggota diberi tunjangan transportasi jadi tidak diberi kendaraan,” katanya, Kamis (8/8/2019).

Penarikan dilakukan dengan cara jemput bola. Sehingga pengumpulan bisa dilakukan dengan cepat. Mengingat waktu yang mepet. “Jadi posisi ini kita sesungguhnya sudah siap. Begitu surat dari KPU sudah muncul kami akan bersurat ke Kemendagri, dari Kemendagri nanti posisinya kita jemput,” ujarnya.

Untuk pelantikan anggota DPRD Banten yang baru, kata dia, kemungkinan besar berlangsung 2 September. Sejauh ini Sekretariat DPRD Banten telah melakukan berbagai persiapan. “Persiapan di internal kami insya Allah sudah siap melakukan pelantikan di tanggal 2 (September 2019),” ucapnya.

Terkait SK, sampai saat ini pihaknya belum mengusulkannya. Pihaknya masih menunggu surat penetapan calon terpilih dari KPU. “Nanti ada dua SK yang kami usulkan, pertama posisi penetapan dan pelantikan seluruh anggota DPRD (periode baru). SK kedua adalah penetapan pimpinan sementara,” tuturnya.

Usulan dua SK itu akan dilayangkan bersamaan. Usulan pelantikan kepada Dalam Negeri (Kemendagri), sedangkan usulan pimpinan sementara diberikan ke dua partai pemenang teratas pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019.

Selama beberapa waktu setelah pelantikan, DPRD Banten yang baru tidak langsung dilengkapi alat kelengkapan dewan (AKD). Masa awal ini juga akan hanya akan ada dua pimpinan terlebih dahulu. Dua pimpinan ini kemudian menyusun AKD.

Anggota KPU Banten Eka Satialaksmama menuturkan, jadwal penetapan calon DPRD Banten yang terpilih belum ditentukan. Sampai saat ini pihaknya masih menunggu putusan MK terkait gugatan PHPU pileg wilayah Banten. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here