Masjid Agung Banten Jadi Wisata Religi Dunia, Pemkot Serang tak Ingin Hanya Nonton

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyambut baik wacana menjadikan Masjid Agung Banten menjadi wisata religi dunia. Terlebih, lokasinya berada di wilayah Kota Serang.

“Kalau umpamanya itu didorong sebagai wisata religi tingkat dunia, kami sebagai tuan rumah tidak akan hanya nonton,” kata Wali Kota Serang Syafrudin kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Orang nomor satu di Kota Serang tersebut mengatakan, dalam proses revitalisasi Masjid Agung Banten oleh Pemprov Banten, pihaknya juga ikut berpartisipasi untuk menunjang lokasi wisata unggulan di Banten tersebut. Bahkan, tidak sedikit anggaran yang dikucurkan.

“Selama ini juga banyak anggaran untuk kawasan penunjang wilayah Banten, kami di situ juga membangun,” ucapnya.

Ia berharap, Pemprov Banten konsisten dalam membangun lokasi Masjid Agung Banten yang sarat sejarah itu, sehingga nuansa wisata religi yang nyaman bisa dinikmati oleh masyarakat, baik asli Banten maupun dari luar daerah.

Namun, saat ini, dia menilai, masih banyak yang harus dibangun, hingga menjadi layak dipersiapkan sebagai wisata religi tingkat dunia.

“Sebenarnya belum (layak), itu harus ditunjang dengan wilayah penunjang, di pinggir-pinggirnya juga harus rapi, apalagi masih banyak rumah kumuh juga harus dipikirkan,” ujarnya.

Baca Juga : Banten Lama Didorong Jadi Wisata Religi Dunia

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pusat akan mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk menjadikan Banten Lama sebagai pusat wisata religi dunia. Sebab, pada masanya Kesultanan Banten merupakan kerajaan Islam terbesar dalam sejarah di Indonesia.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin mengatakan, sebagai bentuk dukungan dan dorongan, Pemerintah Pusat akan memberikan akses mudah bagi Provinsi Banten dalam membangun wisata budaya di Kawasan Kesultanan Banten Lama.

Sebab, sejarah Banten Lama, mulai dari para tokoh hingga kesultanannya telah terdengar di seluruh penjuru dunia.

“Pemerintah Pusat pun akan memberikan dukungan, baik dalam bentuk infrastruktur hingga hal-hal yang dibutuhkan lainnya. Saya pun tentu menyambut baik inisiatif Pemerintah Provinsi Banten, yang akan menjadikan Banten sebagai pusat wisata religi dunia,” tuturnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here