Rabu, 17 Januari 2018

Masih Menunggu Teknis, USBN Tingkat SD Mulai Diterapkan

SERANG, (KB).- Murid sekolah dasar (SD) tahun ini akan mengikuti pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Rencananya, USBN bagi murid SD tersebut, akan diterapkan pada tahun ajaran 2017/2018. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang, Wasis Dewanto mengatakan, Disdikbud Kota Serang siap menyelenggarakan USBN untuk SD pada tahun ajaran 2017/2018. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait teknis penyelenggaraan USBN.

“Kami sudah melaksanakan USBN untuk SD beberapa tahun belakangan ini. Kami masih berkordinasi masalah teknis penyusunan dan pencetakaan soal. Kami masih memantapkan persiapannya. Sebab, akan ada standar operasional pelaksanaan (SOP) mengenai penyelenggaran USBN,” katanya saat dihubungi, Selasa (2/1/2018).

Ia menuturkan, persiapan USBN sebagai agenda tahunan yang harus dilaksanakan dengan matang. Dalam hal tersebut, berjalan sesuai dengan penguatan pendidikan karakater (PKK). Pendidikan karakter pembelajaran, seperti keteladanan, pembiasaan, pujian, dan hukuman. Selain itu, untuk menempatkan guru sebagai aktor utama dalam implementasi PKK.

“Tidak ada persiapan, karena USBN termasuk agenda rutin. Sesuai dengan pendidikan karakter berkembang dalam proses pembelajaran yang hasilnya berupa sikap, sedangkan USBN bicara kognitif dengan penguatan karakter pada semangat dan kejujuran siswa. Jadi, tidak ada yang bertentangan. Selama guru terus membimbing muridnya terus berperilaku jujur,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi menuturkan, bahwa tahun ajaran baru 2017/2018 murid jenjang SD secara serentak akan mengikuti USBN. Pada 2017 USBN sudah dimulai di jenjang SMP, SMA, dan SMK kecuali SD. Sementara, 2018, US akan ditiadakan.

“USBN akan menguji seluruh mata pelajaran dan pelaksanaanya dilakukan di masing-masing pendidkan. Pada 2018 semua sekolah, mulai dari SD hingga SMA sederajat akan melaksanakan USBN dan tidak ada lagi ujian sekolah (US). Melalui USBN diharapkan kemampuan guru-guru dalam melakukan penilaian meningkat. Ketuntasan pembelajaran juga bisa dicapai melalui USBN,” ucapnya. (DE)***


Sekilas Info

Hanya 10% Siswa SMK ke Perguruan Tinggi

SERANG, (KB).- Jumlah siswa SMK (sekolah menengah kejuruan) yang melanjutkan ke perguruan tinggi (PT) diperkirakan hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *