Manfaat RTW Kembali Dirasakan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

TANGERANG, (KB).- BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Batu Ceper kembali memberikan pelayanan terbaik kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Hal ini dirasakan oleh bapak Piyat supriyatna yang merupakan pekerja di PT Destinasi Tirta Nusantara yang mengalami kecelakaan kerja hingga kaki kirinya terputus.

“Kejadian sekitar Tahun 2017 ketika saya sedang dinas luar kota sebagai co driver bus Panorama, yang pada saat itu saya sedang mendampingi driver bus yang membawa penumpang untuk kembali ke Jakarta namun naas kecelakaan terjadi di daerah Batang terjadi tabrakan dengan Truk yang mengakibatkan kaki kiri saya harus diamputasi,” ungkap Piyat.

Ferry Yuniawan selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Batuceper menuturkan setelah kejadian Piyat menjalani pengobatan di RS PLKK BPJS Ketenagakerjaan dan dilayani dengan baik tanpa ada selisih biaya. Selain perawatan dan pengobatan Piyat juga mendapatkan manfaat pendampingan Return to Work dari BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Batuceper sebagai tempat terdaftar perusahaan PT Destinasi Tirta Nusantara.

Setelah pengobatan selesai Piyat juga mendapatkan manfaat untuk protesa gerak kaki yang dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui PT Ottobock Indonesia. Menurut Ferry pekerja tersebut merupakan contoh bagaimana seorang pekerja yang mengalami cacat karena sedang bekerja dan bisa kembali bekerja karena perusahaan tempat mereka bekerja mengikuti program Return to Work (RTW).

Dikataknnya, RTW merupakan penambahan manfaat dari Program BPJS Ketenagakerjaan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat. Dimana Pekerja yang ikut dalam program itu akan didampingi BPJS Ketenagakerjaan dari mulai terjadinya kecelakaan hingga peserta mampu kembali bekerja.

“Jadi bagi peserta JKK-RTW, kecelakaan yang mengakibatkan kecacatan bukanlah akhir segalanya karena dengan program BPJS Ketenagakerjaan maka kesempatan bekerja kembali masih terbuka luas,” tukas Ferry. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here