Malam Pergantian Tahun, Warga Diminta tak Kunjungi “Negeri di Atas Awan”

Tim Ditlantas Polda Banten saat mengecek akses jalan menuju kawasan Gunung Luhur di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (28/12/2019).*

Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol. Wibowo meminta masyarakat agar tidak merayakan Tahun Baru 2020 di lokasi wisata ‘Negeri di Atas Awan’, Gunung Luhur, Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak.

Hal tersebut karena kondisi menuju destinasi wisata yang sempat viral tersebut berpotensi membahayakan pengunjung. Antara lain jalan yang sempit hingga minimnya penerangan. Hal tersebut disampaikan Wibowo, saat meninjau langsung lokasi tersebut pada Sabtu (28/12/2019).

“Kami sudah melakukan survei jalur wisata di destinasi wisata Gunung Luhur, Citorek. Dapat saya deskripsikan bahwa jalur yang menuju lokasi wisata ini memiliki jalanan yang cukup kecil, kemudian kurangnya penerangan jalan umum,” ujar Wibowo.

Selain itu, tidak adanya guardrail atau pelindung sisi jalan juga membuat jalur tersebut rawan jika dilintasi ramai kendaraan. Belum lagi, kondisi jalan yang curam baik pada saat mendaki maupun menurun.

Wibowo mengatakan, di lokasi tersebut tidak ada lahan parkir yang memadai. Tidak ada lahan parkir yang dapat menampung kendaraaan dalam jumlah banyak. Hal itulah yang menjadi pertimbangan pihaknya agar masyarakat tidak merayakan malam tahu baru di “Negeri di Atas Awan”.

“Tentunya ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah Kabupatan Lebak. Kami mengimbau seluruh masyarakat tidak menggunakan lokasi wisata Gunung Luhur atau Negeri di Atas Awan sebagai tempat kegiatan khususnya pada saat perayaan malam tahun baru. Ini juga dalam rangka memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat,” kata mantan Kapolres Serang ini.

Terlebih, kata dia, belum lama ini terjadi bencana longsor dan banjir di kaki Gunung Luhur yang mengakibatkan lokasi wisata tersebut sempat ditutup sementara.

“Kami mengimbau untuk masyarakat yang akan berkendara pada perayaan malam tahun baru agar selalu patuhi peraturan lalu lintas, patuhi petunjuk dari petugas di lapangan, cek kelengkapan kendaraan, cek kelengkapan pengemudi dan jangan lupa berdoa,” tuturnya. (Sutisna)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here