Maju di Tingkat Provinsi, Juara MTQ Segera Ikuti Training Centre

Juara I dan II Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Tingkat Kabupaten Serang akan langsung mengikuti training centre (pemusatan latihan) untuk persiapan menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Banten. Hal tersebut dilakukan, agar mereka dapat lebih matang dan mampu bersaing untuk memperebutkan juara umum MTQ tingkat provinsi yang direncanakan akan digelar April.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, semua juara di MTQ Kabupaten Serang tidak akan melalui tahapan seleksi lagi untuk mewakili Kabupaten Serang di MTQ tingkat provinsi. Meski demikian, agar kualitas mereka bisa lebih teruji, pascapelaksanaan MTQ Kabupaten Serang, para juara akan langsung diikutkan proses pembinaan dan diklat (pendidikan dan pelatihan).

“Saya instruksikan, agar dilakukan pembinaan lanjutan, ada diklat, agar mereka siap untuk memenangkan MTQ tingkat provinsi,” katanya, kepada Kabar Banten di lokasi penutupan MTQ, Jumat (16/2/ 2018). Ia bersyukur, pelaksanaan MTQ ke-48 di Kecamatan Waringin Kurung berjalan baik. Bahkan, antusiasme masyarakat yang ikut berpartisipasi dinilai luar biasa.

Namun, yang lebih penting daripada itu, ujar dia, para juara MTQ tersebut juga diharapkan bisa berbicara banyak di tingkat Provinsi Banten. “Kualitas peserta nanti kami akan uji di MTQ tingkat provinsi, kalau secara rata-rata mereka, adalah juara terbaik di tingkat Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sekretaris Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Serang, Febriyanto menuturkan, sebelum mewakili MTQ ke-15 di Tingkat Provinsi Banten, pihaknya akan melaksanaan training centre (TC) terlebih dahulu. “TC itu lebih penting untuk membina mereka, agar lebih efektif dalam melaksanakan perhelatan MTQ ke-15 di Tingkat Provinsi Banten,” ucapnya.

Ia mengatakan, mereka yang akan diikutkan dalam TC, adalah juara I dan II di masing-masing cabang. Dalam pembinaan tersebut, akan dilihat mana yang lebih berpotensi dan itulah yang akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Serang. “Pembinaannya di pertengahan Maret,” tuturnya. Ia menjelaskan, partisipasi di tingkat provinsi memang penting, terlebih Bupati Serang dalam sambutannya menargetkan, untuk meraih juara umum.

Oleh karena itu, dia selaku LPTQ harian berusaha secara maksimal untuk melakukan pembinaan, agar mencapai target tersebut. “Agar mencapai harapan yang dimaksud bupati. Bukan hanya di tingkat provinsi pembinaan, nanti Juni atau Juli juga ada pembinaan di tingkat kecamatan,” katanya.

Sementara, Camat Kibin, Tabrani bangga dengan raihan prestasi dalam ajang MTQ tersebut. Menurut dia, juara yang diraih tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakatnya. Selama ini, pembinaan untuk para kafilah MTQ sudah sering dilakukan. “Kami lakukan pembinaan itu di tingkat desa,” ujarnya. Ia berharap, para juara bisa memberikan yang terbaik di tingkat provinsi. “Jadi akan terus dibina, untuk yang sekarang dapat juara dua mudah-mudahan nanti bisa jadi juara satu. Kami ada 50-an kafilah yang ikut,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here