Maja Ditawarkan Jadi Pengganti Ibu Kota

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya merespon rencana pemindahan ibu kota negara oleh pemerintah pusat. Orang nomor satu di Lebak ini menawarkan Kecamatan Maja untuk dijadikan sebagai pengganti Jakarta.

“Kalau saya bilang, Maja tidak perlu pembebasan lahan. Karena ada tanah negara, strategis dekat dengan Jakarta, fasilitas lengkap, ada stasiun kereta, pembangunan tol dan sarana air bersih,” kata Iti, Ahad (5/5/2019).

Ia mengatakan, fasilitas yang ada di Maja saat ini sudah sesuai dengan kriteria ibu kota baru, seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo. Bahkan, jika berpatokan pada Ibu Kota Malaysia yang baru, yakni Puterajaya, maka Maja adalah wilayah yang paling tepat.

“Seperti Puterajaya, Malaysia bisa berkembang, tinggal perencanaan matang, rakyat mendukung, dan fasilitas memadai. Tadi saya bilang, yang lengkap seperti itu ya Maja,” ujar bupati.

Ia mengaku, sudah beberapa kali menawarkan ke pemerintah pusat untuk menjadikan Maja sebagai ibu kota baru. Bahkan pihaknya sudah melakukan ekspose soal Maja di Bappenas beberapa waktu lalu.

“Sudah beberapa kali disampaikan, saat zaman Pak JB (Jayabaya, Bupati Lebak sebelumnya), masterplan-nya juga sudah dibuat,” ucapnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here