Mahasiswa Unsera Raih Juara II Intec

Mahasiswa Unsera (empat kiri) berhasil meraih juara II pada ajang Intec yang diselenggarakan IEEE UB Student Branch, di Universitas Brawijaya, beberapa waktu lalu.*

SERANG, (KB).- Mahasiswa Program studi (Prodi) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Hukum (FISIPKum) Universitas Serang Raya (Unsera) Kurnia Al Fandi meraih juara II pada ajang National Essay Competition (Intec), yang diselenggarakan oleh Institute for Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Universitas Brawijaya Student Branch, Jumat hingga Ahad (20-22/9/2019).

“Pada perlombaan tersebut, saya mengirimkan essay yang berjudul mobile museum atau museum keliling berbasis teknologi. Saya mengambil tema tersebut, berawal dari kesukaan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sejarah khususnya museum. Konsep pengerjaan tersebut pada Agustus 2018 dan baru pematangan pada sebulan lalu,” katanya, di Unsera, Rabu (25/9/2019).

Ia menjelaskan, mobile museum masih jarang sekali digunakan oleh masyarakat. Memasuki perkembangan di era digital, tentu informasi sangat mudah untuk diakses. Namun, ujar dia, belum banyak yang bisa memanfaatkannya.

“Saya melihat masyarakat jarang sekali datang berkunjung ke museum, padahal tempat seperti itu memiliki sejarah dan sangat disayangkan kalau tidak bisa dimanfaatkan. Saya pun sebelumnya belum berpikir untuk melombakan gagasan, karena banyak yang harus saya dalami,” ucapnya.

Menurut dia, museum merupakan pusat pendidikan sejarah dan juga tempat penyimpanan artefak budaya nasional. Selain itu, museum sering dianggap tempat yang menyeramkan dan tidak menawarkan kesenangan. Benda-benda museum yang mudah rusak juga merupakan salah satu alasan kenapa mobile museum tersebut digagas.

“Dengan berbagai alasan tersebut, maka diharapkan mobile museum menjadi jawaban atas permasalahan-permasalahan tersebut. Kami membuktikan mahasiswa Unsera mampu berkompetisi dengan universitas besar lainnya,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here