Mahasiswa Uniba Dilatih Jadi Relawan Pajak

SERANG, (KB).- Mahasiswa Universitas Bina Bangsa (Uniba) dibekali dan dilatih menjadi relawan pajak. Program relawan pajak merupakan program pusat dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor wilayah (Kanwil) Banten yang setiap tahun dilaksanakan, untuk memberikan pendampingan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pribadi.

“Untuk bisa menjadi relawan pajak mahasiswa mengikuti seleksi terlebih dahulu, setelah itu akan dipilih untuk mengikuti pembekalan dan pelatihan,” kata Ketua Tax Center Uniba Ibrohim, di Aula Uniba, Jumat (7/2/2020).

Ia menjelaskan, pemberian pelatihan dan pembekalan tersebut dilaksanakan selama lima hari yakni 3-7 Januari 2020. Nantinya mahasiswa yang sudah mengikuti pembekalan dan pelatihan tersebut, akan ditempatkan di Kantor Pelayanan Pajak (KKP) atau di pojok stan yang disediakan KKP. Seperti di tempat keramaian pusat perbelanjaan, yang menurutnya untuk mendekatkan masyarakat dengan wajib pajak.

”Mahasiswa yang ikut di Tax Center tersebut ada yang semester 7 jurusan perpajakan, mereka bisa menyiapkan untuk kuliah kerja praktik selama satu bulan. Kalau yang di semester bawah bisa memberikan pengalaman untuk mereka dan persiapan untuk kuliah kerja praktik,” ujarnya.

Ia mengatakan, yang terlibat dalam relawan pajak tersebut tidak hanya dari Uniba namun dari perguruan tinggi yang bekerja sama dengan DJP Kanwil Banten yang ditunjuk KPP. Mahasiswa selama mengikuti kegiatan tersebut diberikan materi seperti dari praktik SPT, kode etik, cara penyampaiannya.

”Dicari praktikum cara melayani wajib pajak, karena wajib pajak tersebut bermacam-macam jadi mereka dapat menjelaskan serta memberikan bantuan informasi mengenai pajak. Selama kegiatan tersebut, kami mendatangkan langsung dari KKP Serang Timur dan Serang Barat, jadi ketika mahasiswa praktikum langsung sudah bisa memahami apa yang harus dilakukan seperti memberikan pelayanan,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here