Mahasiswa Uniba Didorong Manfaatkan Teknologi untuk Berwirausaha

Sebanyak 1.695 mahasiswa baru Universitas Bina Bangsa (Uniba) Serang mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) yang digelar di Halaman Kampus Uniba di Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (13/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut, selain dikenalkan terkait lingkungan kampus, mereka juga diberi penguatan terkait kemampuan teknopreneur atau memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha.

Pantauan Kabar Banten, kegiatan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, mahasiswa berkumpul di tenda yang telah disiapkan panitia di halaman kampus. Dalam OKK tersebut, juga digelar kuliah umum, yakni penangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Budi Ilham Maliki mengatakan, OKK bukan hanya mengenalkan kondisi lingkungan kampus, tetapi ada penguatan terkait kemampuan teknopreneur atau memanfaatkan teknologi untuk digunakan dalam kegiatan berwirasusaha. Jadi, mahasiswa dari awal sudah ditanamakan untuk menjadi wirausahawan.

“Selain pengenalan kampus, kami memberikan penguatan kemampuan teknopreneur, yakni memanfaatkan teknologi yang digunakan untuk berwirausaha,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, selama mengikuti OKK mahasiswa juga diajarkan untuk berwirasuaha, sehingga diharapkan dari awal masuk hingga nanti lulus mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat tersebut untuk menjadi entrepreneur.

“Kami menanamkan kompetensi wirausaha, bukan sekadar mengeluarkan prinsip ekonomi untuk mengeluarkan modal, tetapi mahasiswa Bina Bangsa harus mampu mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki untuk meraih keuntungan,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya memberikan materi beretika, nilai budaya, dan norma kehidupan kampus. Jika disinergikan nilai budaya saat ini dengan informasi teknologi (IT) tentu akan mengarah pada etika komunikasi mahasiswa dengan dosen di lingkungan kampus.

“Kami juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk bersemangat mengikuti perkuliahan,” ucapnya.

Ia menuturkan, kegiatan OKK akan ditutup dengan kegiatan jalan santai pada Ahad (15/9/2019). Kegiatan tersebut bukan hanya diikuti mahasiswa baru, tetapi juga oleh sivitas akademika Uniba dan Ikatan Keluarga Alumni.

“Kami ingin menjalin silaturahim dengan seluruh keluarga besar Uniba, sehingga mereka dapat merasakan kehangatan dan keakraban dengan lingkungan kampusnya,” tuturnya. (Denis Asria/Yomanti)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here