Mahasiswa Unbaja Sosialisasi Konservasi Energi

SERANG, (KB).- Dalam rangka mengimplementasikan mata kuliah Manajemen Energi, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Banten Jaya (Unbaja), melakukan sosialisasi konservasi (penghematan) energi kepada masyarakat. Kegiatan tersebut berlokasi di Masjid Al-Furqan TCP Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Ahad (30/6/2019).

Dosen pengampu mata kuliah manajemen energi Wawan Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa Teknik Industri semester 8 Unbaja dengan tujuan agar masyarakat bisa menggunakan energi dengan bijak terutama energi listrik.

“Sumber utama energi listrik saat ini menggunakan bahan bakar energi fosil yang semakin hari semakin berkurang dan memiliki nilai jual yang tinggi atau mahal. Diharapkan mahasiswa dan masyarakat bisa lebih memahami ‘management energy’ dan mengimplementasikannya secara langsung atau mempraktekan dalam keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar,” ujar Wawan.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Unbaja menjelaskan tentang langkah-langkah dalam melakukan penghematan energi listrik di rumah tangga, seperti penggunaan peralatan listrik dan elektronik agar hemat energi serta pengoperasian peralatan dengan cara yang benar. Kemudian, pada sesi akhir kegiatan, mahasiswa Unbaja memberikan sumbangan sejumlah lampu hemat energi untuk Masjid yang sedang dibangun. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here