Mahasiswa Unbaja Ciptakan Karbol dari Limbah Minyak

SERANG, (KB).- Mahasiswa teknik lingkungan Universitas Banten Jaya (UNBAJA) yang tergabung dalam tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) kewirausahaan, yang beranggotakan Irfan Alfandiana, Ita Solihati, Indra Afiyatna, Popy Kusmiyati, Ahlan Badrakaisha yang dibimbing oleh Dosen Teknik Lingkungan, Fitriyah, meluncurkan produk karbol lingkungan (karboling).

Karboling merupakan karbol pembersih lantai yang bahannya berasal dari minyak jelantah, mengkudu dan kulit jeruk.

Fitriyah mengatakan, ide pembuatan karboling ini bermula ketika melihat banyaknya minyak jelantah yang dibuang begitu saja sehingga menjadi limbah, jika dikonsumsi pun sangat potensial sebagai karsinogenik. “Melihat kondisi tersebut, muncullah ide untuk dapat mengolah minyak jelantah menjadi produk yang memiliki nilai manfaat,” ujarnya.

Ia mengatakan, produk karboling ini telah diuji coba dan dibuktikan dapat membersihkan lantai dengan hasil yang sangat memuaskan, ujanya.

Sementara Irfan salah satu anggota PKM mengatakan, karboling merupakan produk lanjutan dari praktikum mata kuliah Kimia Lingkungan. Kualitas karbol pembersih lantai yang dibuat dapat membersihkan lantai dengan optimal. “Karboling produk yang ramah lingkungan, produk ini merupakan upaya untuk dapat berkontribusi menyelamatkan bumi sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan,” ujar Irfan. (Anggi P/KO)*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here