Mahasiswa UIN SMH Banten Jadi Duta KPI Nasional

SERANG, (KB).- Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten Hendriyana berhasil mendapatkan gelar Duta Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Nasional.

Raihan tersebut, diperoleh melalui perhelatan diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Nasional (Forkomnas) KPI, yang bertepatan dengan Pra-Kongres dan Musyawarah Wilayah III di Purwokerto, pada Kamis hingga Sabtu (21-23/2/2019).

Beberapa tahapan dilalui Hendriyana untuk menjadi Duta KPI Nasional, seperti tahap seleksi berkas dan wawancara. Seleksi berkasnya berupa karya tulis, dengan bertema “Dari KPI untuk Indonesia”. Setelah masuk 3 besar, peserta memaparkan karya tulisnya dan kemudian menampilkan bakat yang dimiliki.

Mahasiswa UIN SMH Banten Hendriyana pada akhirnya menjadi Duta KPI Nasional. Raihan tersebut, juga mempertahankan posisi duta nasional yang pada tahun lalu ditempati mahasiswa Jurusan KPI UIN Banten Dyah Tribuwana.

Hendriyana tidak menyangka bisa terpilih. “Karena, niat saya sih sebenarnya cuma ingin ikut berpartisipasi saja. Kan saya di KPI UIN, jadi Duta KPI jurusan juga. Jadi, ya dikirim untuk mewakili jurusan di nasional,” katanya, Ahad (24/2/2019).

Duta KPI Nasional selanjutnya mengikuti kegiatan Forkomnas, baik di nasional dan wilayah.

“Saya sih hanya menggagas berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ke-KPI-an, misalnya mengedukasi tentang hoax dengan meningkatkan literasi, di antaranya literasi baca dan literasi media,” ujarnya.

Ia ingin mengenalkan KPI, baik di wilayah atau nasional. “Karena, jurusan KPI itu bisa dibilang masih kurang terpublikasi dan masih banyak yang menganggap, bahwa lulusan KPI itu nantinya jadi da’i. Padahal itu salah penafsiran,” ucapnya.

Menurut dia, KPI sama saja seperti Jurusan Ilmu Komunikasi pada umumnya. Namun, tutur dia, KPI lebih spesial, karena ada kata penyiaran Islam, artinya selain mempelajari tentang dunia komunikasi, tapi juga mempelajari tentang komunikasi keislaman.

“Karena, bersyiar itu bisa melalui mimbar, lagu, dan layar. Itu lah KPI yang sebenarnya,” katanya.

Ketua Jurusan KPI UIN Banten Muhibuddin bersyukur atas anugerah Duta KPI Nasional. Hal tersebut menunjukkan, jika mahasiswa KPI UIN Banten tidak kalah secara kualitas dengan mahasiswa KPI dari PTKIN-PTKIS lainnya.

“Bukan hanya menunjukkan kualitas dan kemampuan secara personal, tapi menjadi duta itu adalah kebanggaan sekaligus amanah untuk menjadi duta,” ujarnya.

Ia berharap, semoga bisa mengemban amanah dengan baik, sekaligus dapat berfungsi sebagai duta yang menyerbarluaskan eksistensi Jurusan KPI. (Besta/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here