Mahasiswa Trunojoyo Belajar Jurnalistik di Kabar Banten

TIGA mahasiswa Trunojoyo, Madura, Jawa Timur melakukan praktik kerja lapangan di Kantor Redaksi Harian Umum Kabar Banten selama empat hari, Senin hingga Kamis (4-7/12/2017). Kedatangan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi tersebut selain karena tugas mata kuliah fotografi juga ingin mengetahui proses kerja perusahaan media cetak, mulai dari kegiatan jurnalistik hingga produksi berita.

Selama di Kabar Banten, Khoiri Nashrudi Zainal Arifin dan Abdul Bar mengikuti proses kegiatan pewarta dalam meliput peristiwa. Mereka belajar tentang teknik-teknik fotografi jurnalistik dan teknik reportase. Mereka juga secara langsung terjun ke lapangan layaknya seorang jurnalis, mengumpulkan informasi, menulis berita, dan mengambil foto.

“Kegiatan kunjungan kami sebagai rangkaian dari perkuliahan kami di Ilmu Komunikasi untuk belajar bagaimana menjadi seorang jurnalis. Sebelumnya, kami belajar fotografi dari mulai teori dan sekarang memasuki semester 3, kami belajar fotografi turun langsung dengan memilih kantor redaksi mana yang akan dijadikan tempat untuk belajar. Kami dapat di Provinsi Banten,” kata salah seorang mahasiswa Trunojoyo, Khoiri Nashrudi.

Pelaksana Tugas (Plt) Pemimpin Redaksi Kabar Banten, Maksuni Husen mengapresiasi kedatangan mahasiswa Trunojoyo untuk belajar fotografi jurnalistik di Kabar Banten. “Kami menyambut baik kedatangan mahasiswa untuk praktik mata kuliah jurnalistik fotografi. Selama berada di sini, mereka langsung terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui realitas kerja pewarta. Tentunya dengan pendampingian. Kami sangat terbuka bagi para pelajar maupun mahasiswa yang ingin melakukan praktik kerja lapangan di Kabar Banten,” ujarnya. (DE)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here