Mahasiswa PPKn Unbaja Kunjungi DPRD Banten

SERANG, (KB).- Dalam rangka menambah wawasan tentang ilmu politik, mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Banten Jaya (Unbaja), diajak mengunjungi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Kamis (27/6/2019).

Kunjungan mahasiswa PPKn tersebut didampingi Drs. Abdul Jala, M.Si selaku dosen Pengampu Matakuliah Pengantar Ilmu Politik Semester 2. “Kegiatan ini untuk menambah wawasan mahasiswa. Selain belajar di dalam kelas, kami mengajak mahasiswa untuk secara langsung melihat lembaga legislatif yang memiliki fungsi tentang legislasi, penyusunan peraturan daerah atau Perda, pengawasan dan penyusunan anggaran yang berkaitan dengan Matakuliah yang diampuh,” ujar Abdul Jala.

Ia mengatakan, dalam kunjungan tersebut, pihaknya diterima secara langsung dan direspon dengan baik oleh Staf ahli Komisi IV dan perwakilan Sekretariat DPRD Provinsi Banten. “Secara teknik, mahasiswa lebih banyak menggeluti soal fungsi DPRD. Setelah mendapatkan input, kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif, ujar Jala.

Menurutnya, kegiatan ini bukan kali pertama dilakukan, tetapi setiap tahunnya mahasiswa PPKn diberikan program kunjungan ke kantor DPRD Banten. Diharapkan, mahasiwa bisa giat untuk belajar bukan hanya dari pertemuan dengan dosen pengampuh matakuliahnya saja, melainkan bisa mengeksplore apa yang sudah didapatkan dalam teori yang diajarkan di kampus.

“Mahasiswa diharapkan terus mengali dan mencari informasi sumber pengetahuan yang lain. Sehingga bisa mendapatkan atau menambah imu pengetahuan secara implementatif, ujar Jala.

Salah satu mahasiswa PPKn Unbaja, Mayang Kartikasari mengaku, bahwa dirinya sangat antusias mengikuti kunjungan tersebut. “Kegiatannya sangat menarik. Kita dikenalkan berbagai macam fungsi-fungsi legislator dan diberitahukan tentang cara kerja DPRD dengan fungsi-fungsinya yang lebih mendalam. Selain itu, juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi yang dibagi kedalam beberapa kelompok,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here