Mahasiswa Minta PT Indomobile Prima Energi Ditutup

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pandeglang meminta pemerintah daerah agar menutup PT Indomobile Prima Energi yang bergerak di bidang bahan bakar minyak (BBM).

Desakan penutupan perusahaan tersebut disampaikan para mahasiswa dalam aksi demo di Gedung DPRD Pandeglang, Selasa (30/6/2020). Dalam orasinya, Korlap aksi Ahmadi menilai, pemerintah daerah tidak memiliki taring untuk menertibkan perusahaan nakal yang diduga tidak berizin, namun sudah berani beroperasi.

“Kami sudah tiga kali aksi menuntut agar pemerintah menertibkan perusahaan itu. Kami minta anggota DPRD yang merupakan wakil rakyat jangan sampai berdiam diri dan harus bertindak menyikapi perusahaan yang diduga tidak berizin. Kami minta dewan bisa merekomendasikan kepada pemerintah untuk segera menutup PT Indomobile Prima Energi. Kalau bisa tutup dulu satu unit perusahaan Indomobile,” kata Ahmadi.

Baca Juga : Diduga Belum Mengantongi Izin, Indomobile Prima Energi Beroperasi di Pandeglang

Menurut dia, perusahaan tersebut dinilai kurang kooperatif terhadap masyarakat. Bahkan, kehadiran perusahaan yang menjamur itu telah mematikan eceran BBM. Belum lagi perusahaan itu juga melanggar sempadan jalan dan penyerapan tenaga kerja yang dinilai tidak melibatkan masyarakat.

“Kalau kita analisa, persoalan ini akan berimbas kepada para pedagang eceran BBM, namun pemerintah seolah tidak peduli dengan kehadiran perusahaan tersebut,” ucapnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pandeglang Endang Sumantri mengatakan, pihaknya sudah berupaya memanggil pihak perusahaan dan DPMPTSP agar menindaklanjuti tuntutan tersebut. Sebab, upaya pemerintah ini akan memberikan kewibawaan pemerintah daerah.

“Kami sudah berupaya memanggil, kalau menutup itu kan bukan ranah kami. Dewan hanya bisa mendorong pihak DPMPTSP untuk menindaklanjuti persoalan ini. Ya, Satpol PP juga tidak bisa menutup kalau tidak ada rekomendasi dari DPMPTSP. Coba kalau pemerintah daerahnya tegas, pasti Pemda juga terlihat berwibawa,” ucapnya. (Ade Taufik/Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here