Kamis, 21 Juni 2018
Firman Noor, Kepala Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI.*

Mahasiswa Harus Kritis terhadap Partai Politik

SERANG, (KB).- Kepala Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI, Firman Noor mengatakan, intitusionalisasi partai politik (parpol) memiliki beragam persepektif. Di awal Reformasi publik yang menaruh ekspektasi tinggi terhadap partai politik. Oleh karena itu, mahasiswa harus berperan aktif dan kritis terhadap parpol.

“Kuliah umum dinilai strategis bagi para mahasiswa yang akan berperan sebagai pemilih muda pada Pemilu 2019. Mahasiswa juga harus lebih kritis dalam menentukan partai yang bisa menjadi kepercayaan publik,” katanya saat memberi kuliah umum bertemakan Institusionalisasi Partai Politik Menyambut Pemilu 2019 yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Untirta, di Auditorium Gedung B, Pakupatan, Serang, Senin (12/3/2018).

Ia menuturkan, intitusioanal organisasi internal parpol belum dikatakan baik mengingat cukup banyak terdapat kasus perselisihan internal partai politik yang kemudian berujung pada perpisahan kubu dan pembentukan partai politik baru. “Banyak politisi yang tersandara partai politik dalam menyalurkan aspirasinya, karena terkukung dengan kebijakan partai. Saat ini, diperlukan perbaikan dari sisi partai politik, di mana partai politik harus bebuat lebih berjuang untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Ia mengatakan, mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan. Mahasiswa harus bisa melakukan perubahan yang lebih baik. Harus bisa berpikir lebih kritis kerhadap kebijakan-kebijakan politik. “Mahasiswa memiliki peran dan fungsi dalam pembangunan dan perubahan sosial. Peran mahasiswa sebagai agent of change, social control, serta mahasiswa bisa aktif dalam proses pemilihan dan pengawasaan,” ujarnya. (DE)***


Sekilas Info

PONPES DAAR EL ISTIQOMAH GELAR WISUDA SANTRI

SERANG, (KB).- Ponpes Daar El Istiqomah asuhan KH. Sulaeman Ma’ruf gelar wisuda santri KMI (Kulliyatul Muallimin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *