Mahasiswa Ditanamkan Karakter ”JAWARA”

SERANG, (KB).- Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP Untirta menyelenggarakan kuliah umum bertemakan Implementasi Jujur, Adil, Berwibawa, Amanah, Religius, dan Akuntabel (JAWARA) dilaksanakan di Auditorium Gedung B Untirta, Selasa (13/3/2018).

Rektor Untirta, Sholeh Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut salah satu upaya prodi untuk menanamkan karakter JAWARA ke dalam sikap dan perilaku mahasiswa Untirta khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi. JAWARA nilai yang dapat dipahami mahasiswa menjadi sumber inspirasi yang mewarnai aspek sikap, perilaku, dan berpikir dalam bertindak atau berbuat.

“JAWARA nilai-nilai yang ditanamkan pada mahasiswa, agar mereka dapat menjadi sarjana yang unggul dan berkarakter. Mulai kejujuran yang dilandasi nilai religius,” katanya. Ia menuturkan, karakter JAWARA merupakan pengintegrasian nilai-nilai utama ke dalam kegiatan pendidikan, penelitian, publikasi ilmiah, serta pengabdian masyarakat dan menjadi kegiatan keseharian yang melekat dalam budaya organisasi Untirta. Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat.

“Mahasiswa dapat mengimplentasikan apa yang sudah disampaikan dalam kuliah umum dan mampu menjawab tantangan masa depan dan berkembang sebagai praktisi profesioanl dalam bidang komunikasi,” ujarnya. Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tentang pemahaman JAWARA bagi mahasiswa. Bahwa, mahasiswa dibekali dengan pendidikan karakter. Penerapan karakter menjadi poin pendorong mahasiswa dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing.

“Karakter memang tidak bisa dibentuk dalam waktu yang cepat, tapi butuh proses. Mahasiwa dapat belajar yang telah disampaikan oleh akademisi dalam perkuliahaan. Mahasiswa mempunyai daya saing setelah mereka lulus dan terjun di masyarakat, dengan nilai-nilai yang telah mereka dapatkan selama menuntut ilmu di perguruan tinggi,” ucapnya. (DE)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here