Mahasiswa Diminta Kembangkan Literasi Baru

Budi Ilham Maliki

SERANG, (KB).- Mahasiswa diminta untuk mengembangkan literasi baru, yang memiliki tiga komponen yakni literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan. Tujuannya, agar mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan teknikal, tetapi mengedepankan humanis.

“Mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk membaca, menganalisis serta dapat menggunakan Informasi Teknologi,” kata Akademisi Universitas Bina Bangsa (Uniba) Budi Ilham Maliki, di kampus Uniba, Selasa (8/10/2019).

Dengan kemampuan tersebut, kata dia, mahasiswa mudah melakukan asimilasi atau penyesuaian dengan zaman yang semakin modern dan kompetitif. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menggali data yang meliputi pengetahuan, wawasan dan informasi yang tidak muncul dengan sendirinya.

“Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat. Literasi teknologi mahasiswa harus bisa memilih dan memilah informasi yang baik, tidak memberikan informasi bohong atau hoax,” ujarnya.

Ia mengatakan, literasi manusia yakni pekerjaan apapun tidak semuanya bisa digantikan oleh robot. Selain memberikan materi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, mahasiswa memiliki kemampuan untuk berempati.

“Perguruan tinggi dapat menerapkan literasi data dan teknologi melalui mata kuliah. Di era revolusi industri 4.0, dosen diminta untuk terampil dalam menguasai dan memahami literasi data, teknologi dan sumber daya manusia yang dituangkan dalam perkuliahan,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here