Minggu, 23 September 2018

Madrasah Siap Ikut UAMBN & USBN

SERANG, (KB).- Siswa madrasah aliyah (MA) dan madrasah tsanawiyah (MTs) akan mengahadapi ujian nasional (UN) pada April 2018. Selain menghadapi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) juga akan menghadapi ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN). Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, Mahfudin mengatakan, persiapan terus dilakukan untuk siswa MA dan MTs untuk menghadapi USBN dan UAMBN. Hampir 70 persen MA dan MTs negeri dan swasta siap melaksanakan UN.

“Selain mengikuti USBN, siswa madrasah juga akan mengikuti ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN). Ujian ini sama dengan UN, tetapi UAMBN untuk ciri khas kemadrasahaan. Di dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, madrasah didefinisikan sebagai sekolah yang berciri khas Islam. Oleh karena itu, ada lima mata pelajaran yang berciri khas Islam, mata pelajaran tersebut, di antaranya mata pelajaran Alquran dan hadis, akidah dan akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam, dan bahasa Arab,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (19/2/2018).

Ia menuturkan, pelaksanaan UN pada Senin hingga Kamis (9-12/4/2018) akan diselenggrakan UN untuk MA. Pada Senin hingga Kamis (23-26/4/2018) akan diselenggarakan UN untuk MTs. UN tingkat MTs dan MA terus dipersipakan. Cara satuan pendidikan menentukan kelulusan dengan memadukan nilai UN dengan USBN dan memadukan nilai UAMBN dengan USBN. “Materi UN ditetapkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik). Sementara, di tingkat MA kontribusi soal materi agamanya dari Kemenag. Untuk materi UAMBN diberikan Kemenag. Kontribusi pelajaran agamanya disiapkan Kemenag,” ujarnya.

Ia mengatakan, persiapan terus dilakukan dengan harapann siswa madrasah dapat mengedepankan kejujuran dan integritas. Kelulusan siswa harus berdasarkan kemampuan siswa sendiri bukan kecurangan atau dibantu guru-gurunya. “Tanamkan perilaku jujur sejak dini, jangan rusak nilai-nilai pendidikan hanya karena beberapa hari saja. Siapkan mental siswa dengan persiapan belajar yang rajin dan sungguh-sungguh dengan cara belajar sendiri atau kelompok. Setiap sekolah harus maksimal memberikan pembekalan pada siswa yang akan mengikuti ujian, siapkan mental siswa dengan baik, sehingga mereka benar-benar siap menghadapi ujian nasional nanti,” ucapnya. (DE)***


Sekilas Info

Ajang Studi Banding Antar Universitas Se-Indonesia, Himatemia Untirta Siap Gelar Rakornas BKKMTKI

SERANG, (KB).- Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtaysa (Untirta) akan menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *