Jumat, 14 Desember 2018

Lulusan UPI Harus Mampu Bersaing

SERANG, (KB).- Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof Dr H R Asep Kadarohman berharap, lulusan UPI mampu beradaptasi dengan berbagai kemungkinan dalam menghadapi persaingan dan perubahan cepat di dunia kerja.

Hal tersebut disampikan dia saat mengukuhkan 4.290 wisudawan pada Wisuda Gelombang III di Gedung Gymnasium UPI, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Selasa (9/10/2018). Ke-4290 wisudawan tersebut, terdiri dari lulusan jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Wisudawan berasal dari jenjang diploma nonkependidikan sebanyak 185 orang, jenjang S1 sebanyak 3.435 orang, jenjang S2 sebanyak 613 orang, dan jenjang S3 sebanyak 57 orang. Dari 4.290 wisudawan tersebut, sebanyak 271 wisudawan berasal dari UPI Kampus Serang.

Dalam sambutannya, dia bersyukur, gembira, serta bangga atas para wisudawan dan wisudawati yang telah dikukuhkan sebagai sarjana D3, S1, S2, dan S3. “Pada Wisuda Gelombang III 2018 ini UPI mewisuda sebanyak 4.290 orang lulusan. Jumlah tersebut, termasuk yang terbanyak dalam lima tahun terakhir,” katanya.

Ia menuturkan, hasil pembelajaran selama di UPI akan terlihat begitu mahasiswa lulus. Oleh karena itu, dia meminta, agar para lulusan UPI dapat menunjukkan diri sebagai sumber daya manusia berkualitas yang mencerminkan UPI.

Menurut dia, setiap lulusan UPI berhak dan berkewajiban untuk turut ambil bagian dalam membangun Indonesia, membangun bangsa, dan negara yang besar demi sejumlah mimpi yang besar.

Direktur UPI Kampus Serang, Herli Salim mengatakan, sebanyak 271 wisudawan UPI Kampus Serang, terdiri dari 192 orang lulusan Strata Satu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan 79 orang lulusan Strata Satu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

“Para lulusan yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3.50, berjumlah 207 orang (terdiri dari 160 orang Sarjana PGSD dan 47 orang Sarjana PGPAUD). Wisudawan lulusan terbaik Kampus UPI Serang dengan IPK tertinggi 3,86 diraih oleh Via Kristiana Purba angkatan 2014 dari Program Studi PGPAUD,” ujarnya.

Sebanyak 271 mahasiswa UPI Kampus Serang akan diwisuda, Selasa hingga Rabu, (9-10/10/2018), di Gymnasium UPI Bandung. Ia mengatakan, Kampus UPI Serang mengimplementasikan ketercapaian visi dan misi universitas, namun secara mikro hal tersebut diimplementasikan sesuai dengan perkembangan budaya dan konteks kedaerahan.

“Visi pelopor dan unggul dalam penyelenggaraan pendidikan diimplementasikan dengan proses pemberian kuliah yang unggul dalam memanfaatkan teknologi informasi dan selalu merespons kemajuan yang terjadi di masyarakat, seperti Revolusi Industri 4.0 yang menekankan pada pemanfaatan di dalam setiap kegiatan perkuliahan, dan pemanfaatan digital, dalam setiap kegiatan perkuliahan,” ucapnya. (MH)*


Sekilas Info

Unma-Kabar Banten Dorong Potensi Pendidikan

Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) bersepakat dengan Harian Umum Kabar Banten untuk mendorong potensi pendidikan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *