Lulusan Unma Harus Berdaya Saing

PANDEGLANG, (KB).- Rektor Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten Abdul Gani Abdulah mengatakan, saat ini perguruan tinggi Unma akan menuju kampus yang memiliki kualitas pendidikan bermutu.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat membawa perubahan begitu cepat.Tuntutan masyarakat semakin tinggi terhadap proses penyelenggaraan pendidikan dan hasil pendidikan bermutu. Selain itu, lulusan yang mampu bersaing dan relevan dengan latar belakang pendidikan berkualitas,” kata Rektor Unma Abdul Gani Abdullah saat wisuda angkatan ke -27 Unma di Hotel Wira Carita, Rabu (30/10/ 2019).

Ia mengatakan, terjadinya persaingan ketat ribuan perguruan tinggi di Indonesia, baik PTN maupun PTS menjadi tantangan bagi Unma. Untuk itu, mau tidak mau, suka tidak suka setiap perguruan tinggi harus mengambil langkah cerdas dan inovatif untuk mengantisipasi tantangan tersebut.

Selain itu, Unma akan terus melakukan perbaikan di berbagai bidang secara berkesinambungan agar berkembang dan memenuhi harapan masyarakat.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Semoga kepercayaan tersebut dapat menjadi pendorong bagi Unma dalam meraih prestasi dan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih baik,” katanya.

Ia menyatakan, Unma Banten akan mewujudkan komitmen menjamin mutu pendidikan dalam hal peningkatan kompetensi dosen.

“Unma terus memotivasi para dosen untuk mengejar jenjang jabatan akademik. Dalam dua tahun terakhir dosen yang mempunyai jabatan akademik asisten ahli sebanyak 20 dosen dan yang naik jabatan sebanyak 7 dosen. Dengan penambahan tersebut, komposisi dosen Unma Banten menjadi tenaga pengajar 22 persen, asisten ahli 56 persen, lektor 12 persen, lektor kepala 1 persen. Ke depan pekerjaan berat menggeser komposisi lebih banyak ke lektor, lektor kepala dan guru besar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam aktivitas penelitian dan pengabdian, dosen-dosen Unma menunjukkan peningkatan berkompetisi memperoleh dana hibah Kemenristek Dikti. Selain penelitian dan pengabdian masyarakat, para dosen mulai menyadari pentingnya melindungi hasil-hasil penelitian. (Ade Taufik/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here