Lulusan SMA tak Bisa Mendaftar CASN

TANGERANG, (KB).- Pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) di Kota Tangerang telah dibuka mulai Senin (11/11/2019). Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Kepala BKPSDM M Lutfhi memastikan, kuota CASN Kota Tangerang hanya sebanyak 355 formasi. Dari formasi itu tak ada satupun lowongan untuk lulusan SMA/SMK. Semua pelamar, kata Luthfi harus lulusan S1. “Persyaratannya S1 semua, tidak ada yang SMA atau SMK,” kata Luthfi, Selasa (12/11/2019).

Selain itu, pelamar harus memperhatikan uraian persyaratan dan tata cara melamar CASN yang telah ditetapkan, salah satunya memiliki Ijazah asli S1 sesuai formasi yang dilamar. “Pelamar harus sesuai Ijazah untuk formasi yang dibutuhkan, semisal lulusan sarjana ekonomi ingin melamar guru SD, itu tidak bisa, untuk kuota tenaga harus sesuai formasi yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Menurut dia bagi pelamar yang baru lulus kuliah hanya bermodalkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dipastikan tidak dapat mendaftar CASN. Persyaratan CASN ialah salah satunya memiliki Ijazah asli sesuai tenaga ahli dan tidak disarankan menggunakan SKL.

Hal tersebut sesuai arahan Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), bahwa pesyaratan yang wajib dilampirkan salah satunya ialah salinan ijazah asli yang telah dilegalisir oleh perguruan tingginya.

“Menggunakan surat keterangan lulus dari perguruan tinggi tidak bisa, pokoknya harus sesuai persyaratan yang tercantum pada lembar pengumuman penerimaan CASN,” katanya.

Dikatakannya kuota CASN untuk Kota Tangerang sebanyak 355 formasi itu terdiri dari tenaga guru sebanyak 109 kuota , tenaga kesehatan sebanyak 101 kuota dan tenaga teknis seanyak 145 kuota.

Lutfhi menambahkan, pengumumkan masa pendaftaran sekaligus seleksi administrasi CASN 2019 akan berlangsung selama 14 hari, yakni pada 11-24 November 2019. Setelah proses pendaftaran rampung, pengumuman hasil seleksi administrasi akan disampaikan pada 16 Desember 2019.

Berbeda dengan seleksi CASN 2019 sebelumnya, kini para peserta yang tidak lolos seleksi administrasi akan diberikan hak sanggah selama tiga hari sejak pengumuman, yakni pada 16-19 Desember 2019. Adapun hasil sanggahan akan diumumkan pada 26 Desember 2019 melalui surat elektronik atau email pelamar.

“Bagi pelamar yang tidak lolos, nanti akan mendapatkan informasi melalui emailnya, disitu tertulis sanggahannya,” tandasnya. Dan Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan, syarat, dan cara pendaftaran CASN 2019 di Kota Tangerang dapat dilihat pada situs https://bpksdm.tangerangkota.go.id.

Menumpuk

Sementara itu pemohon pembuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Di Polres Metro Tangerang Kota mengalami penumpukan. Sebab, para pembuat SKCK tersebut untuk melamar CASN. “Saya buat SKCK untuk daftar ASN,” ujar Pajar di Mapolrestro Tangerang Kota, Selasa (12/11/2019).

Pajar mengatakan, dirinya sengaja datang untuk membuat SKCK tersebut sebagai syarat untuk melamar. Sebab, kata dia, untuk SKCK biasa berbeda untuk lamar CASN. “Ini pertama bikin SKCK buat CASN, sebelumnya kalau buat SKCK lamar kerja sudah ada,” kata warga Batu Ceper itu.

Hal senada juga diungkapkan, Lilik warga kecamatan Cipondoh mengatakan dirinya membuat SKCK tersebut sebagai syarat untuk mendaftar CASN. “Bikin SKCK buat lamar CASN, ini juga yang pertama bikin karena baru lulus,” tandasnya.

Petugas SKCK Polres Metro Tangerang Kota, Teguh mengatakan, penumpukan para pemohon tersebut sejak seminggu yang lalu menjelang pendaftaran CASN. “Sehari mencapai 300 orang pemohon. Mulai ramai ini karena ada pendaftar CASN aja,” ujarnya.

Teguh mengatakan, sebelum adanya pendaftaran CASN tersebut pelayanan SKCK cukup berjalan normal sebanyak 80 hingga 90 orang pemohon. Selain itu, selama kurun waktu satu minggu tersebut, Teguh mengatakan, jumlah para pemohon SKCK itu mencapai ribuan orang. “Sekitar 900 orang yang sudah buat mas selama empat hari ini. Seminggu ini sudah ribuan orang pemohon buat SKCK CASN,” tandasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here