Minggu, 18 November 2018

Lulusan P3TIK Untirta Siap Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja di Industri

CILEGON,(KB).- Sebanyak 51 mahasiswa Program Diploma I Fakultas Teknik Program Pendidikan dan Pelatihan Teknik Industri Kimia (P3TIK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) siap memenuhi tenaga kerja di dunia industri. Pelepasaan 51 mahasiswa yang merupakan angkatan ke-20 2017/2018 dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik Untirta, Rabu (17/10/2018).

Rektor Untirta, Sholeh Hidayat mengatakan, ini pelepasaan angkatan ke-20 sampai totalnya ada 860 orang sudah mendidik dan melatih para lulusan ini dalam teknik industri kimia, dengan lulusan ini diharapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Banten.

“Para lulusan ini diharapakan dapat meningkatkan SDM di Banten yang mempunyai kemampuan yang di butuhkan oleh dunia industri. Selama ini lulusan SMA/SMK belum siap kerja, maka anak-anak ini yang kami didik selama satu tahun 50 persen di kelas dan 50 persen di lapangan dan 80 persen terserap, yang kita didikan sesuai dengan kebutuhan Industri,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, Program Pendidikan dan Pelatihan Teknik Industri ini sangat membantu kalangan industri tidak perlu mengadakan pelatihan, sudah di suplai dengan yang sudah di didik selama satu tahun. “Ini menjadi sinergitas yang sangat baik, teknik industri dan pemerintah daerah yang mendanai kita harus jalin terus Academic, Business, and Government (ABG),” katanya.

Sholeh menjelaskan, program ini juga mendukung link and match yang digalakkan pemerintah yakni dalam upaya memotong kesenjangan antara lulusan dengan kebutuhan industri ada dunia yang paradoks. “Ini ada miss match antara kemampuan lulusan SMA/SMK dengan kebutuhan kerja inilah jalan keluar yang kami tempuh selama 20 tahun untuk memotong kesenjangan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Diklat pendidikan D-1 diselenggarakan oleh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sama-sama kalangan Industri ini sudah dilaksanakan selama 20 tahun dari CSR -CSR dari kalangan industri Serang barat, Pulo Ampel, Bojonegara, Anyer dan Merak. “Kesempatan angkatan 20 tahun ini Kabupaten Serang menganggarakan biaya beasiswa untuk 38 anak untuk mendapatkan pendidikan D1 Teknisi Industri Kimia,” katanya.

Ia mengatakan, ucapan terima kasih atas peluang yang diberikan Untirta kepada Pemkab Serang untuk anak-anak Kabupaten Serang. meyakini dengan diberikannya pendidikan selama satu tahun memiliki kemampuan dan keahlian mereka. “Saya berharap dengan kemampuan dan keahlian yang mereka miliki di permudah mempunyai peluang lebih besar untuk bisa bekerja di wilayah Kabupaten Serang atau di Provinsi Banten atau juga bisa keluar daerah,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah tinggal menganggarkan dana pendidikannya sedangkan pendistribusian tenaga kerja sendiri dari pihak Untirta. Ia mengatakan tenaga ahli teknik kimia di daerah Serang timur masih sedikit. “Lebih banyak di Pulau Ampel, Bojonegara atau Serang barat. Pada intinya Kabupaten Serang terus berupaya menurunkan pengaguran salah satu cara yang paling tepat program ini yang diselnggrakan oleh Untirta,” katanya. (DE)*


Sekilas Info

Panggung Budaya, Rektor Untirta Baca Puisi Sultan Ageng Tirtayasa

SERANG, (KB).- Rektor Untirta Prof. Dr.Sholeh Hidayat, M.Pd, turut berpartisipasi pada acara Panggung Budaya memperingati Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *