Lulusan FK Untirta Diharapkan Jadi dokter Profesional

Dosen Fakultas Kedokteran Untirta mengikuti pelatihan dosen pembimbing akademik, di Gedung Keperawatan Untirta, Jumat (29/11/2019).*

SERANG, (KB).- Lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) diharapkan menjadi dokter Profesional serta mampu mengimplentasikan ilmunya bagi kepentingan masyarakat.

“Kami berharap nantinya lulusan Fakultas Kedokteran menjadi dokter yang profesional dan memiliki karakter yang baik,” ujar Desdiani, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Untirta dalam kegiatan ‘Pelatihan Dosen dan Pembimbing Akademik Fakultas Kedokteran’, di Kampus Keperawatan Untirta, Jumat (29/11/2019).

Ia mengatakan, pendidikan kedokteran merupakan ‘life long learning’ yang berfokus pada identitas profesional serta memiliki hubungan kemanusiaan dan makhluk hidup. Dosen pembimbing dapat membimbing mahasiswa kedokteran menjadi pendamping yang baik dari awal hingga akhir pendidikan.

“Kalau tidak dibimbing dengan baik, saya khawatir lulusan kedokteran Untirta menjadi sosok dokter yang cenderung egois, kurang kepekaan terhadap pasien, serta lebih mengejar materi di rumah sakit ketimbang tugasnya sebagai dokter yang melayani pasein dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Akademisi Fakultas Kedokteraan Universitas Indonesia, Ita Mustika mengatakan, peran dosen sebagai pembimbing harus memiliki rasa dan keinginan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah, serta mempunyai kapabilitas mentoring dan couching untuk merefleksikan diri mahasiswa.

“Kami mengajak dosen pembimbing untuk mengenali mahasiswa bimbingannya, serta melakukan diskusi tentang karakteristik mahasiswa di zaman sekarang. Dosen pembimbing bisa dikatakan sukses jika bisa mengantarkan mahasiswa bimbinganya mempunyai kepribadian, serta dapat lulus tepat waktu menjadi dokter yang profesional,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here