LPTQ Banten Komitmen Bangun Generasi Qurani

dok. lptq banten Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Syarjaya (kanan) saat menghadiri MTQ di Kota Cilegon.*

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten berkomitmen membangun generasi Qurani. Hal itu antara lain dengan membuka pendidikan tahsin gratis untuk masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN).

“LPTQ Banten terus berupaya memperkuat kapasitas dan kemampuan LPTQ sebagai sebuah organisasi. Kami terus berupaya menata organisasi, menyusun dan melakukan evaluasi semua program yang telah dilaksanakan,” kata Ketua Harian LPTQ Banten Prof. KH. Syibli Syarjaya.

Menurutnya, program pembinaan qari/qariah dan hafiz/hafizah sebagai program utama LPTQ, hanya dilakukan menjelang event lomba. Namun juga terus dilakukan pembinaan secara berkesinambungan, guna terus membumikan Alquran di masyarakat. “Umat Islam di Provinsi Banten harus dikenal sebagai umat yang selalu dekat dengan Alquran. Salah satunya adalah, melalui kampanye Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji atau Gemar Mengaji,” katanya.

Ditegaskan, LPTQ berkomitmen untuk terus membangun generasi qurani. Oleh sebab itu, ia berterima kasih kepada Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy yang telah membantu LPTQ memerankan diri sebagai salah satu organisasi pembina umat di bidang hamalatul Quran.

Butuh sinergi

Sementara Kepala Biro Kesra Banten Irvan Santoso mengatakan, pemerintah adalah pilar terdepan dalam pembinaan dan pengembangan tilawatil Quran. Namun diakuinya, upaya meningkatkan pemahaman, pendalaman, dan penghayatan Alquran di tengah masyarakat membutuhkan kerja sama dan sinergi banyak pihak.

“Pemerintah merupakan pilar terdepan dalam pembinaan dan pengembangan tilawatil Quran. Namun, perlu juga melibatkan peran masyarakat, dunia usaha dan organisasi masyarakat lainnya atau sinergitas, kemitraan dan kerja sama sehingga semua program yang telah dicanangkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan soliditas organisasi dengan menghadirkan struktur organisasi yang kuat dan handal yang mampu menjawab berbagai kebutuhan dan tantangan organisasi ke depan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here