LPTQ Banten Akan Gelar MTQ Pelajar

Prof. KH. Syibli Syarjaya, Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).- Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk kalangan pelajar SLTA. Ketua Harian LPTQ Banten Prof. KH. Syibli Syarjaya mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20/11/2019).

Dikatakan, MTQ memperebutkan Piala Gubernur tersebut memperlombakan Cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran. MTQ tingkat pelajar tersebut digelar di Masjid Raya Al-Bantani, Jl. Syaikh Nawawi Al-Bantani KP3B Curug Kota Serang.

“Kami meminta para kepala sekolah dan madrasah untuk mendaftarkan siswa-siswi terbaik mereka guna mengikuti MTQ tersebut,” kata Prof. Syibli.

Kepada para juara, LPTQ Banten akan memberikan hadiah uang tunai, tropy, dan piagam penghargaan. Dikatakannya, baik MTQ Cabang Fahmil Quran maupun Syarhil Quran memiliki beberapa ketentuan.

“Musabaqah Cabang Fahm Alquran adalah jenis lomba yang menekankan penguasaan ayat dan ilmu Alquran serta pemahaman terhadap isi dan kandungannya,” ujar Syibli.

Cabang ini, tambah Syibli, melombakan tiga atau empat regu dalam satu penampilan. “Musabaqah dilaksanakan dengan sistem gugur melalui babak penyisihan, semi final dan final. Regu pemenang pada setiap penampilan berhak maju ke babak selanjutnya,” ujarnya.

Tentang materi musabaqah, ia meminta pihak terkait mendownload melalui website lptqbanten.org. Intinya, lomba ini menekankan pemahaman Alquran yang mencakup ilmu-ilmu Alquran, meliputi hafalan ayat, terjemah Alquran, tajwid, nagham, ilmu dan tafsir Alquran, kisah-kisah dalam Alquran.

Materi lainnya, ilmu pengetahuan agama (keislaman) meliputi, akidah, akhlak, fiqh, ushul fiqh, faraidh, hadits dan musthalah hadits. Selain itu, tuntunan kemasyarakatan seperti; kebersihan lingkungan, kerja keras, disiplin dan lain-lain.

Bidang lainnya, tuntunan Alquran tentang kehidupan kemasyarakatan dan bernegara. Bidang ini meliputi permasyarakatan UUD ’45 yang sudah diamandemen, pelestarian lingkungan hidup, kependudukan, etos kerja, pola hidup sederhana, kesejahteraan sosial (pendidikan, solidaritas sosial, keluarga sehat), kerukunan hidup umat beragama, peranan pemuda dan wanita, pemerataan hasil pembangunan, wawasan nusantara/wawasan kebangsaan.

Kemudian, sejarah dan kebudayaan, sejarah Islam, sejarah kebudayaan Islam, sejarah perkembangan Islam di Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, dan sejarah Banten, kecepatan dan ketepatan mencari ayat Alquran melalui Fathurrahman atau Mu’jam Mufahras. Kemudian, kemampuan berbahasa Arab dan Inggris, menulis ayat Juz ‘Amma (juz 30).

Sementara Kepala Sekretariat LPTQ Banten H. Eka Surya Lesmana mengatakan, cara mendaftar MTQ Pelajar yakni, pertama, mengisi formulir pendaftaran dengan mendownload melalui website lptqbanten.org.

Kedua, masing-masing peserta mengirimkan scan formulir, Kartu Tanda Siswa (KTS), file pas foto (jangan lebih dari 2 MB) dan Surat Keterangan dari pihak Sekolah ke alamat email: [email protected] atau lansung datang ke sekretariat LPTQ Provinsi Banten Komplek Masjid Raya Al-Bantani Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani KP3B Curug Kota Serang Banten. (Azzam)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here