Lomba Kampung KB Nasional 2019, Pemkab Tangerang Gelar Rakor Persiapan Kampung KB ‘Waru’

Suasana rapat koordinasi (Rakor) Pemkab Tangerang dalam rangka persiapan Kampung KB ‘Waru’, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, dalam menghadapi lomba Kampung KB Nasional 2019, Senin (17/6/2019).*

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, mengelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan Kampung KB ‘Waru’, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, dalam menghadapi lomba Kampung KB Nasional 2019 yang diselengarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Senin (17/6/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, perwakilan BKKBN Provinsi Banten, perwakilan OPD Kabupaten Tangerang, Camat Jayanti, Kepala Desa Pangkat, kader Posyandu, kader KB dan sejumlah pihak terkait.

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menyampaikan, dalam menghadapi penilaian lomba kampung KB nasional tersebut, camat, lurah, kader posyandu, kader KB dan lainnya harus ikut mensosialisasikan program KB. Artinya, aktivitas yang ada di kampung KB ‘Waru’ tersebut harus dipaparkan oleh semua pihak. Termasuk data-data yang mengunakan alat kontrasepsi KB dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di kampung KB tersebut.

“Jadi, kalau misalnya kampung KB jadi percontohannya di Desa Pangkat, Kabupaten Tangerang, maka keluarga (Ayah, Ibu dan maksimal Dua Anak) yang ada disitu harus lebih banyak dari kampung-kampung yang lain. Kemudian jalan masuk kampung KB tersebut harus bersih karena ada lokus-lokus, harus rapih dan harus banyak pos posyandu. Kemudian, setiap aktivitas juga didukung administrasi,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, kampung KB ‘Waru’ Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten, dalam proses penilaian tim BKKBN, saat ini berada pada posisi keempat nasional. Tim BKKBN akan melakukan proses verifikasi dan penilaian lebih lanjut untuk menentukan posisi terbaik nasional dalam lomba kampung KB Nasional tahun 2019 yang akan dilakukan pada Kamis (20/6/2019), dengan melibatkan lintas sektor.

Sebagai informasi, Kampung KB ‘Waru’, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, menjadi kampung KB terbaik di Provinsi Banten tahun 2018 dan mewakili Provinsi Banten pada perlombaan Kampung KB Nasional 2019. Desa Pangkat terpilih, karena sangat aktif dalam menjalankan program KKBPK. Desa Pangkat menjadi pelopor Kampung KB dan menjadi salah satu kampung teladan, juga sebagai Kampung KB Percontohan untuk di wilayah Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten.

Pencanangan program Kampung KB dalam rangka menyukseskan program Nawacita ke-3 dan ke-5 yakni “Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan Memperkuat Daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan”, dan “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia melalui Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga”. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here