Lima Hari Digembleng, 70 Pramuka Dikukuhkan Jadi Anggota Saka Bahari Kwarda Banten

PANDEGLANG (KB).-  Sebanyak 70 anggota Pramuka calon anggota Saka Pramuka Bahari dikukuhkan menjadi anggota Saka Bahari Banten Angkatan ke-29 tahun 2019. 

Acara pengukuhan digelar di Pantai Bumi Perkemahan Cikujang, Pandeglang. Jumat (5/7/19) pada pukul 06.00 wib. Kegiatan pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) Kebaharian ini ditutup Syaifullah dari unsur Pinsaka Bahari Banten.

Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten Lettu Laut (KH) Sowong menjelaskan kepada Kabar Banten, awalnya, jumlah peserta calon anggota Saka Bahari (casabah) sebanyak 90 orang. Akan tetapi, 20 peserta di antaranya tidak memenuhi persyaratan ikut pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) Kebaharian.

“Di antara persyaratan itu adalah tidak adanya izin orangtua untuk mengikuti diklatsar teserbut,” katanya.

Mereka yang dikukuhkan menjadi anggota Saka Bahari Kwartir Daerah Banten digembleng selama lima hari dari tanggal 1-5 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Daerah (Buperda) Cikujang, Pandeglang.

Menurut Sowong, selama mengiktui diklatsar, para peserta  telah  belajar dan berlatih berbagai keterampilan dan kedisiplinan.

Selama mengikuti diklatsar, lanjut Sowong, para peserta mendapatkan materi  keparamukaan, kebaharian,  dasar search and rescue (SAR),  sea survival, dasar keslap, dasar persandian morse,  semaphore dan persandian dasar TNI AL.

Kemudian dasar PBB, dasar PPM,  dasar/pengenalan scuba dan snorkling, pengetahuan kebaharian serta kemaritiman dll. Narasumbernya antara lain berasal dari personel Lanal Banten, Basarnas Provinsi Banten, Dinas Perikanan Kelautan (DKP) Labuan, dan Syah Bandar Labuan.

Kegiatan yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten ini diharapkan mampu membentuk kepribadian peserta menjadi lebih baik dan sigap.

Sebelumnya, pada upacara pembukaan diklatsar kebaharian ini, awal pekan lalu, Komandan Lanal Banten Letkol  Laut (P) Golkariansyah mengatakan Saka Pramuka Bahari merupakan tempat untuk menyalurkan minat dan bakat bagi generasi muda di bidang kebaharian.

Aman dan lancar

Menurut Sowong, secara umum, kegiatan diklatsar berjalan dengan aman dan lancar. Ia menilai keamana dan kelancaran ini tidak terlepas dari pengawasan instruktur dari Lanal Banten dan para Senior Saka Bahari Banten.

Anggota Saka Bahari Banten yang baru diharapkan dapat memberikan warna dan mengembangkan kreativitasnya untuk menghadapi berbagai macam event yang akan dilaksanakan terutama oleh Saka Bahari Nasional dalam waktu dekat.

“Selain itu yang terpenting dari kegiatan ini adalah Anggota Saka Bahari Banten dapat menjadi contoh, menjadi leader di mana pun berada baik di lingkungan masyarakat, bahkan lingkungan keluarga,” katanya.

Sejumlah peserta mengaku merasa bangga bergabung dengan Saka Bahari karena selain mendapatkan teman baru, juga mendapatkan pengetahuan tentang kebaharian,  pengenalan keterampilan olahraga air seperti olahraga selam dan dayung. (EM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here