Libur Tahun Baru, Balawista Kabupaten Serang Amankan 11 Titik Wisata Pantai

Salah Satu Pantai di Anyer.*

SERANG, (KB).- Sebanyak 25 anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Serang berjaga di 11 titik wisata pantai yang ada di Kawasan Wisata Pantai Anyer dan Cinangka. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan pengunjung yang berlibur di wisata pantai wilayah tersebut, saat pergantian 2019 ke 2020.

Ketua Balawista Kabupaten Serang Dede Sulaeman menjelaskan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk masa libur Natal dan Tahun Baru 2020. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Tim Search and Rescue (SAR), pengelola pantai dan hotel yang ada di kawasan Anyer dan Cinangka. Sekaligus menerjunkan sejumlah personel ke 11 titik pantai yang ada di kawasan tersebut.

“Kami terjunkan sejumlah personel ke 11 titik pantai, yaitu Pantai Jambu, Pantai Karang Bolong, Pantai Wirton Anyer, Pantai Pasir Putih Tawing, Pantai Lagundi Anyer, Pantai Pasir Putih Florida Indah, Pantai Bandulu, Pantai Panjang Bandulu, Hotel Hawaii Resort, Hotel Pesona Krakatau, dan Lalita Cottage,” katanya kepada wartawan, Jumat (27/12/2019).

Untuk jumlah personel yang disiagakan, ujar dia, sebanyak 25 orang yang telah disebar ke 11 titik pantai di kawasan Anyer dan Cinangka. Selain itu, pihaknya juga telah memasang batas renang untuk para wisatawan yang berenang di area pantai tersebut, sehingga keamanan dan kenyamanan wisatawan dapat terjamin. Pengamanan akan dilaksanakan hingga Kamis (2/1/2020).

“Pengamanan siaga Natal dan Tahun Baru di mulai dari Rabu (25/12/2019) sampai Kamis (2/1/2020). Kami ada 25 personel yang turun,” ucapnya.

Sementara, untuk kondisi cuaca di daerah pantai sampai saat ini, dia menilai, cuaca di laut cukup bagus, sehingga masih aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk jumlah pengunjung mulai dari libur Natal sampai saat ini masih normal atau belum ada lonjakan yang signifikan. Biasanya puncak wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Ahad (28-29/12/2019).

“Untuk cuaca laut alhamdulillah bagus. Tapi, untuk pengunjung dari Natal sampai hari ini Jumat (27/12/2019) masih normal, belum ada lonjakan yang signifkan,” tuturnya.

Ia mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai, agar tetap mengikuti arahan petugas lifeguard. Wisatawan juga tidak diperbolehkan berenang melewati batas yang ditentukan.

“Kami mengimbau kepada wisatawan, agar tetap mengikuti arahan lifeguard. Selain itu, kami juga menekankan, bahwa saat ini Anyer-Cinangka aman dan kami pun mengajak semua masyarakat untuk datang ke Anyer-Cinangka,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here