Libur Natal dan Tahun Baru, Disporapar Optimis Kunjungan Wisatawan Tinggi

Salah Satu Pantai di Anyer.*

SERANG, (KB).- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang optimis tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Anyer-Cinangka akan tinggi saat libur natal dan tahun baru (Nataru). Hal itu karena sejauh ini kondisi kawasan tersebut dinilai sudah aman.

Sekretaris Disporapar Kabupaten Serang, Encep Bunyamin mengatakan, pihaknya optimis pada pergantian tahun 2019 ke 2020 jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Anyer akan lebih tinggi dari tahun kemarin.

Sebab pada akhir tahun ini kondisi pesisir pantai tersebut sudah aman untuk dikunjungi. Sehingga wisatawan dapat menikmati pergantian tahun di Pantai Anyer dan sekitarnya.

“Akan lebih dari tahun kemarin karena situasi sudah normal lagi pasca tsunami,” ujar Encep kepada Kabar Banten, Jumat (13/12/2019).

Ia mengatakan, peningkatan kujungan itu juga sudah ditunjukan dengan meningkatnya jumlah kunjungan di Sabtu dan Minggu selama 2019.

Menurut dia, hal tersebut menunjukan bahwa wisatawan sudah tidak lagi khawatir ketika akan berlibur ke Kabupaten Serang, khususnya di Anyer. Tingkat kunjungan di hari biasa seperti Sabtu dan Minggu hingga saat ini sudah mencapai ribuan.

“Kunjungan wisatawan tiap Sabtu dan Minggu juga selalu padat. Apalagi tahun baru dan natal nanti. Pasti lebih banyak lagi,” tuturnya.

Baca Juga : Libur Natal dan Tahun Baru di Anyer, Kunjungan Wisatawan Diprediksi ”Terjun Bebas”

Dalam pelaksanaan pergantian tahun nanti, dia menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan monitoring kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Serang.

Sebab, tidak hanya pantai beberapa wisatawan baik lokal maupun mancanegara juga mengunjungi tempat wisata lainnya. Ditargetkan tahun ini kunjungan wisatawan ke Kabupaten Serang bisa lebih dari 85 ribu orang.

“Kami juga kan mempunyai banyak spot-spot wisata yang jadi alternatif selain pantai. Walaupun pantai menjadi salah satu pilihan saat tahun baru. Tapi biasanya wisatawan juga penasaran dengan tempat wisata lain,” katanya.

Sebelumnya, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten memprediksi, kunjungan wisatawan ke kawasan Pantai Anyer akan menurun pada liburan natal dan tahun baru.

Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam menuturkan, akhir tahun 2019 ini akan mengalami penurunan kunjungan wisatawan yang akan menghabiskan malam pergantian tahunnya di kawasan Pantai Anyer.

Sebab sampai saat ini (Kemarin) saja, pemesanan tiket hotel baru sekitar 30 persen. Padahal biasanya 15 hari menjelang natal dan tahun baru pemesanan sudah sekitar 75 persen.

“Kami prediksikan tahun ini kunjungan menurun. Soalnya sampai saat ini saja belum keliatan ada pemesanan,” ucapnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here