Libur Natal dan Tahun Baru, Dinkes Kabupaten Serang Siagakan 31 Puskesmas

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang menyiagakan tim medis dan 31 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk pengunjung tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Baru.

Puskesmas tersebut, akan dipastikan buka 24 jam, pihak Dinkes mengatakan, akan melakukan pemantauan mulai Ahad (22/12/2019) sampai Kamis (2/1/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi menuturkan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan 31 Puskesmas untuk memberikan pelayanan 24 jam secara bergiliran.

Khusus untuk jalan utama wisata di wilayah Anyer dan Cinangka, Dinkes sudah menyiapkan satu Puskesmas rawat inap sebagai rujukan dan satu nonrawat inap di Cinangka. Kemudian, tiga tim mobil kegawatdaruratan 119 sebagai tim kesehatan mobile antara Anyer dan Cinangka.

Untuk jalur alternatif Pabuaran, Ciomas, Padarincang sampai Cinangka, kata dia, Dinkes sudah menyiapkan empat Puskesmas sebagai pengampu pelayanan kesehatan.

“Di sana ada satu tim. Untuk jalur lain, seperti Baros itu kami siapkan pelayanan di Puskesmas Baros,” ujarnya kepada Kabar Banten, Jumat (20/12/2019).

Sementara, ucap dia, dalam satu tim untuk personel yang disiagakan, terdiri atas tiga orang, yakni dokter, perawat, dan pengemudi.

“Kami mengatur untuk cuti tenaga kesehatan selama Natal dan Tahun Baru serta akan dimulai Ahad (22/12/2019) sampai Kamis (2/1/2020). Setiap Puskesmas buka seperti biasa untuk hari kerja dan hari libur nasional diatur 24 jam dengan tiga sif, satu sif tiga orang,” tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tiga Polres, yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. “Karena, Kabupaten Serang ada tiga wilayah hukum,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here