Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pelabuhan Merak Mulai Padat

MERAK, (KB).- Pelabuhan Merak mulai dipadati penumpang jelang libur panjang Natal dan tahun baru 2019. Meski puncak arus libur Natal diprediksi terjadi Sabtu (22/12/2018), namun jumlah penumpang mulai meningkat, Jumat (21/12/2018) malam.

“Sekarang sudah terlihat ada kenaikan jumlah penumpang yang akan menyeberang. Namun prediksi kami, puncaknya akan terjadi Sabtu (22/12/2018) dan Ahad (23/12/2018),” kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni, Jumat (21/12/2018).

Menurut Fahmi, cuaca saat ini cukup mendukung operasional penyeberangan Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni. Sementara, kapal yang beroperasi di kisaran 30 hingga 35 unit kapal penumpang.

“Alhamdulillah cuaca sedang bagus, jadi penyeberangan laut sedang lancar. Kapal yang kami siapkan antara 30 hingga 35 unit, sementara yang lain standby di perairan merak dan perairan bakauheni,” ujarnya.

Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten Herwanto mengatakan, total kapal ada sebanyak 70 kapal. Dari puluhan kapal itu, 58 kapal diantaranya sudah siap dioperasikan.

“Kapal di Merak ini ada 70. 58 kapal siap melayanan angkutan natal dan tahun baru, kemudian ada 9 yang sedang docking. 3 dalam kondisi rusak dan siap untuk docking, ” tuturnya.

Sementara itu, Polres Cilegon menghimbau pengendara yang akan melintas di jalan nasional Cilegon-Merak agar melalui jalan tol. Sebab, di jalur tersebut sedang ada perbaikan jembatan.

”Kami menghimbau agar pengendara mewaspadai jalur nasional dari Cilegon sampai dengan Pelabuhan Merak,” kata Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Jatna usai melakukan patroli pengamanan libur natal dan tahun baru, Jumat (21/12/2018).

Dia mengatakan, titik kemacetan jalur nasional adalah di Kecamatan Grogol dan Kecamatan Pulomerak. Sebab, di dua titik tersebut sedang ada perbaikan jembatan dan dilakukan buka tutup satu jalur.

“Ada dua unit jembatan yang tengah diperbaiki oleh Satker. Yaitu sekitar 500 meter keluar dari tol Cilegon Barat arah Merak, dan 300 meter dari pintu tol Merak arah jalur nasional ke pelabuhan. Diprediksi perbaikan jembatan itu memerlukan waktu yang lama. Untuk itu pengendara langsung saja melalui tol sampai Merak,” ujarnya.

Dia memprediksi kepadatan kendaraan terjadi Sabtu (22/12/2018) sekitar pukul 20.00 WIB. Selain cuaca yang bersahabat, pada jam tersebut keluarga yang memiliki anak sekolah telah memasuki hari libur.

“Sabtu (22/12/2018), ada yang mengambil rapot, kemudian juga ASN libur. Kami memprediksi ada lonjakan kendaraan dan kepadatan penumpang di ASDP Merak. Sebab, pada hari tersebut semua aktifitas mulai sekolah maupun ASN libur,” tuturnya. (AH/HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here