Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Dermaga 4 Pelabuhan Merak Ditutup

CILEGON, (KB).- Pada arus Natal dan Tahun Baru 2019, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak menutup Dermaga 4 Pelabuhan Merak. Selain itu, 14 kapal dengan gross tonnage (GT) di bawah 5.000 tidak diperbolehkan berlayar.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni mengatakan, Dermaga 4 Pelabuhan Merak saat ini dalam kondisi tidak memadai. Dermaga tersebut mengalami kerusakan, sehingga belum bisa digunakan untuk sandar kapal. “Demi pertimbangan keselamatan, Dermaga 4 Pelabuhan Merak untuk sementara kami tutup,” katanya, Rabu (12/12/2018).

Menurut dia, dengan ditutupnya Dermaga 4, maka Pelabuhan Merak mengaktifkan 6 dermaga. Ia menuturkan, Dermaga 7 Pelabuhan Merak yang masih dalam tahap pembangunan, akan difungsikan pada arus Natal dan Tahun Baru 2019.

“Jadinya, 6 dermaga yang akan beroperasi. Karena, dari 7 dermaga yang kami miliki, Dermaga 4 tidak bisa digunakan. Nah, Dermaga 7 akan kami fungsikan di arus Natal dan Tahun Baru. Setelah selesai, kami tutup lagi, agar pembangunannya berlanjut. Perbaikan Dermaga 4 pun kami lakukan,” ujarnya.

Ia mengatakan, satu dermaga di Pelabuhan Merak pada hari H akan melayani 6 unit kapal laut penumpang. Ini agar jumlah kapal yang beroperasi mencapai 32 unit hingga 34 unit kapal laut. “Biasanya satu dermaga itu 5 kapal. Tapi, arahan dari BPTD (Badan Pengelola Transportasi Darat) Banten, nanti di arus Natal dan Tahun Baru ditambah jadi 6 unit per dermaga,” ucapnya.

Ia menuturkan, jika 14 kapal di bawah 5.000 GT tidak lagi dizinkan beroperasi mulai Senin (24/12/2018) nanti. Namun begitu, dia masih menunggu informasi dari pusat tentang kebijakan memperbolehkan kapal-kapal tetap beroperasi di arus Natal dan Tahun Baru.

“Aturannya memang mengatakan, kapal-kapal di bawah 5.000 GT tidak boleh lagi berlayar di Penyeberangan Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni. Kecuali, kalau ada arahan baru dari pusat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPTD Banten, Nurhadi Unggul Wibowo meyakini, jika arus Natal dan Tahun Baru 2019 berjalan lancar. “Sepadat-padatnya kendaraan di arus Natal dan Tahun Baru nanti, tidak akan sepadat arus Lebaran. Makanya, saya yakin penyeberangan nanti akan lancar,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here