Rabu, 12 Desember 2018

Lelang Jabatan Direksi 3 BUMD, Pemkab Serang Cari Pemimpin Inovatif

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang telah menggelar lelang jabatan untuk tujuh jabatan direksi tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Serang. Dalam lelang jabatan tersebut, pemkab mencari pemimpin inovatif, agar BUMD-nya dapat memberikan keuntungan untuk masyarakat Kabupaten Serang. Tiga BUMD tersebut, yaitu PT Serang Berkah Mandiri (SBM), Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Serang, dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ciomas.

Penjabat (Pj) Sekda Pemkab Serang, Agus Erwana mengatakan, pemkab akan menunggu hasil penilaian yang dilakukan konsultan dalam lelang jabatan tersebut. Biasanya per jabatan disampaikan sesuai ranking, ada kriteria dari konsultan, ada juga kriteria dari pemkab. Tetapi, pemkab tetap full menyerahkan ke konsultan dan tidak ada intervensi untuk materi tesnya.

“Hanya kami sampaikan ke konsultan, bahwa kami ingin punya pemimpin yang bisa mengelola BUMD, karena kan ini bukan hanya sosial, tapi profit oriented-nya juga dijalankan. Diharapkan nantinya mereka bukan hanya jadi kepala, tapi jadi pimpinan yang bisa mengelola, mampu berinovasi, jadi nanti dilihat daya inovasinya ada tidak,” katanya, Selasa (13/2/2018).

Ia menuturkan, para calon direksi juga akan memaparkan terlebih dahulu apa yang akan mereka lakukan untuk BUMD. “Nanti sebelumnya kami paparkan juga kondisi Kabupaten Serang seperti apa, nah di situ kami nanti menanyakan apa saja, kemudian perusahaan akan dibawa ke mana,” ujarnya. Menurut dia, pihaknya menargetkan proses lelang jabatan selesai dalam dua pekan. “Mudah-mudahan dua minggu sudah bisa terima hasil, tapi itu juga kan kebijakan pimpinan,” ucapnya.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan pada Setda Pemkab Serang, Ade Hadi Sukalta mengungkapkan, lelang jabatan BUMD sudah memasuki tahap tes tertulis, psikotes, dan wawancara pekan kemarin. Lelang jabatan tersebut, yaitu untuk Direktur Kepatuhan BPR Serang, kemudian untuk PT SBM empat jabatan direksi, yaitu komisaris independen, direktur utama, direktur operasional, serta direktur administrasi dan keuangan, sementara untuk LKM Ciomas, yaitu jabatan direktur operasional dan komisaris.

“Peserta lelangnya ada 25 orang,” tuturnya. Namun, dia tidak hafal rincian masing-masing pendaftar untuk tiga BUMD tersebut. Latar belakang peserta lelang, menurut dia, beragam, namun didominasi dari perbankan dan kebanyakan dari luar Kabupaten Serang, untuk SBM ada juga pendaftar dari internal SBM-nya.

“Kami berharap, dapat yang terbaik. Sekarang tinggal tunggu koreksi yang dilakukan konsultan dari Cikarang. Nanti hasil tesnya diserahkan konsultan ke kami, nanti diketahui orang yang berkompeten mana saja. Pengecualian untuk BPR itu harus dilaporkan ke OJK hasilnya,” katanya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang, Mansur Barmawi menuturkan, orang yang mengisi unsur direksi BUMD harus yang berpengalaman menjadi direktur atau pemimpin. “Kalau tidak berpengalaman, bagaimana bisa memimpin nantinya,” ujarnya. (YY)***


Sekilas Info

MTQ Pelajar Ditutup, Para Juara Diminta Terus Belajar

SERANG, (KB).- Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar tingkat Provinsi Banten II resmi ditutup. Kegiatan berlangsung selama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *