Lelang Jabatan di Pemprov Banten Dicurigai Ada ”Jagoan”

SERANG, (KB).- Pesan berantai melalui WhatsApps berisi adanya pejabat titipan yang akan menjadi jagoan dalam lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, beredar dalam beberapa hari terakhir.

Dari isi pesan itu, Sekda Banten Al Muktabar dicurigai bermain dalam open bidding Pemprov Banten, terutama untuk calon Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Banten.

Belum diketahui secara pasti sumber pesan WhatsApp tersebut, namun isinya mencapai sembilan paragraf. Dalam bagian pesan, dituliskan adanya kecurigaan terhadap Sekda Banten Al Muktabar yang ikut bermain dalam open bidding Pemprov Banten.

Kecurigaan tersebut bermula dari munculnya nama Moch. Tranggono dari Kementerian PUPR yang ikut dalam open bidding untuk jabatan Kepala Dinas PUPR Banten. Moch. Tranggono yang memiliki gelar DR dan Ir itu, punya pengalamannya seabrek dalam organisasi serta setumpuk sertifikat dan dikabarnya punya sebuah perusahaan.

“Pertanyaan siapakah yang berhasil ‘menyentuh’ Moch. Tranggono untuk mau masuk ke Pemprov Banten menjadi Eselon II, tentu ada harus ada orang yang bisa meyakinkan dia, sehingga ikut berlaga di open bidding jabatan Kadis PUPR Provinsi Banten,” demikian petikan pesan seperti dikutip wartawan, Jumat (1/11/2019).

Selanjutnya pesan tersebut menuliskan ‘sentuhan’ itu juga terlihat pada penempatan sejumlah pejabat yang dicurigai sebagai orang-orang Al Muktabar yang disisipkan secara ‘halus’, sesuai prosedur dan seakan tidak ada kepentingan apa-apa.

Diakhir, pesan bertuliskan bahwa semua ini baru pada tahap analisis awal. Perlu dikumpulkan bukti-bukti yang nyata dan hanya sebagai early warning atas kemunculan matahari ketiga di Provinsi Banten.

Tak ada jagoan

Saat ini dikonfirmasi Sekda Banten Al Muktabar membantah isi pesan tersebut. Menurutnya, proses open bidding dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Semua peserta memiliki peluang yang sama. “Tidak ada yang dijagokan,” katanya kepada wartawan, Kamis (30/10/2019).

Sementara, saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis (30/11/2019) pukul 19.12 WIB, Kepala BKD Banten Komarudin tak memberikan jawaban. Pesan WhatsApp yang dikirim wartawan hanya dibaca yang bersangkutan.

Untuk diketahui, Pemprov Banten saat ini sedang menjalankan open bidding untuk lima jabatan, yaitu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, Kepala DPUPR Banten, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Asda Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Banten.

Berdasarkan pengumuman yang diakses, tahapan yang akan dijalankan yaitu tes assesmen pada 7 dan 8 November 2019. Sedangkan untuk empat jabatan lainnya, tahapan terakhir sudah sampai tes wawancara. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here