Lelang Jabatan di Pemkot Serang Masuki Tahap Akhir

SERANG, (KB).- Proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sudah memasuki tahap akhir, yakni wawancara dengan panitia seleksi (pansel).

Hal tersebut menjadi tahapan pamungkas sebelum nanti pansel menyaring tiga besar pada sebelas posisi yang dilelang. Tahapan wawancara pansel dilaksanakan di salah satu hotel Kota Serang mulai Selasa (25/6/2019).

Salah satu peserta seleksi terbuka (open bidding) Tubagus Yasin mengatakan, wawancara dengan pansel seputar materi makalah sesuai dengan posisi yang dilamar. Ia melamar dua jabatan, yaitu Kepala Diskominfo dan Satpol PP.

“Wawancara seputar materi yang kami buat dalam makalah. Untuk wawancara jabatan Kominfo sudah Selasa kemarin. Kalau wawancara Pol PP hari Sabtu,” katanya, Rabu (26/6/2019).

Ia memilih dua posisi, karena memiliki pengalaman di dua organisasi perangkat Daerah (OPD) tersebut. Ia pernah bertugas di Diskominfo dan saat ini sedang menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kasatpol PP Kota Serang. “Bisa ngambil empat atau tiga kalau mampu, tapi begitu tidak mampu ya mengundurkan diri,” tuturnya.

Peserta lainnya, Hari W Pamungkas yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Diskominfo Kota Serang sudah melaksanakan sesi wawancara pada Selasa (25/6/2019) kemarin. “Pokoknya menakjubkan lah. Makalah kemarin yang ditulis dijelaskan ke pansel, apa strategi kita, apa visi misi sesuai jabatan yang dilamar,” ujarnya.

Menurut dia, dalam tahapan pembuatan makalah secara teknis ada yang berbeda dibanding dengan seleksi sebelumnya. “Terkait dengan materinya tidak berbeda jauh hanya tekniknya beda. Kalau dulu malalah dikirimkan sudah jadi kalau sekarang kan on the spot,” ucapnya.

Ia menilai, pembuatan makalah yang langsung dikerjakan di hadapan pansel tidak terlalu memberatkan peserta. Hanya saja, tahapan open bidding kali ini cukup panjang. “Nanti setelah selesai semua wawancara baru pansel menetapkan tiga besar,” katanya.

Diketahui, tahapan open bidding bagi sebelas OPD di Lingkungan Kota Serang dimulai sejak Kamis (23/5/2019) lalu dan dijadwalkan pengumunan hasil akhir pada Sabtu (29/6/2019) mendatang.

Kesebelas jabatan eselon II tersebut, yaitu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Inspektur, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Sekretaris Dewan (Sekwan), serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Kemudian, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), serta Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra). (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here