Lelang Jabatan, Andika: Ranking Bukan Penentu

SERANG, (KB).- Peserta seleksi jabatan dengan nilai tertinggi tak menjamin terpilih untuk menjabat jabatan yang dilamar. Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, penilaian krusial dalam menentukan pejabat terpilih, yaitu rekam jejak.

“Harus dilihat track record-nya, karena kami minta APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Inspektorat untuk tracking mereka. Sekarang misalnya nomor (ranking) satu, tapi ada masalah yang belum diselesaikan, misalnya ada temuan atau apa, kalau fatal itu akan mengurangi kepercayaan untuk kami menetapkan. Jadi, track record itu penting,” katanya seusai menghadiri kegiatan forum konsultasi publik RKPD, di salah satu hotel Kota Serang.

Ia menuturkan, tim panitia seleksi (pansel) akan mempresentasikan hasil seleksi 7 jabatan kepada gubernur. “Jadi, nanti seluruh anggota pansel-nya mempresentasikan ke pak gubernur. Tidak hanya pak sekda, semuanya (anggota pansel). Saya dengan pak gubernur tidak mau, harus seluruhnya. Kami harus terbuka siapa saja yang memiliki kompetensi, berdasarkan nilai-nilai yang objektif,” ujarnya.

Sementara, hingga saat ini tim pansel belum melakukan rapat pleno untuk menetapkan tiga besar untuk 7 jabatan eselon II. “Kemarin kan kendalanya ada salah satu pansel yang sedang menunaikan umrah dan sekarang sudah kembali ke tanah air serta mudah-mudahan sore ini atau besok sudah ada hasilnya. Saya dan pak gubernur mau ini cepat beres, supaya usai tahun baru sudah bisa menjalankan tugas,” ucapnya.

Ia menargetkan, open bidding selesai sebelum akhir tahun. Ia menekankan, jika tim pansel harus segera melaksanakan pleno. Terkait pelantikan pejabat hasil lelang jabatan apakah akan bersamaan dengan rotasi/mutasi pejabat. Ia masih merahasiakan. “Tunggu tanggal mainnya,” tuturnya.

Sementara, Ketua Tim Pansel, Ranta Soeharta menuturkan, tim pansel segera melakukan pleno untuk menentukan 21 nama. “Mudah-mudahan pleno bisa hari ini (kemarin). Pokonya target bulan ini beres,” katanya. Menurut dia, hasil pleno nantinya akan mengerucutkan tiga besar yang selanjutnya akan diajukan kepada Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten. “Pokoknya bulan ini langsung diumumin,” ujarnya.

Adapun tujuh jabatan yang dilelang, yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP), Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Infrastruktur dan SDA, Kepala Biro Umum, Kepala Kesbangpol, serta Staf Ahli Gubernur. (RI)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here