Kamis, 13 Desember 2018

Lebaran 2018, BI Perwakilan Banten Siapkan Uang Kartal Rp 1,8 Triliun

SERANG, (KB).- Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Banten menyiapkan uang kartal (uang kertas) atau uang tunai sebesar Rp 1,8 triliun untuk kebutuhan masyarakat. Hal itu untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan uang kartal pada lebaran nanti.

Kepala kantor perwakilan BI Banten, Rahmat Hernowo mengatakan, setiap menghadapi hari raya keagamaan (lebaran), permintaan uang kartal selalu meningkat. Untuk itu, pihak BI menyiapkan uang kartal sebagai bentuk antisipasi tinggi permintaan masyarakat akan kebutuhan uang kartal.

“Tidak seperti tahun sebelumnya, khusus lebaran tahun ini kita mulai memfungsikan layanan uang tunai,” katanya, Senin (21/5/2018).

Ia mengatakan, kebutuhan uang kartal menyambut lebaran tahun ini diproyeksikan sekitar Rp 1,8 triliun. Penghitungan tersebut melalui sejumlah perbankan yang dikumpulkan dan menanyakan proyeksi permintaan uang tunai.

“Mengumpulkan perbankan dan menanyakan proyeksi permintaan uang tunai untuk mengetahui angka kebutuhannya yang diperkirakan sekitar Rp 1,8 triliun,” ujarnya.

Menurutnya, proyeksi perhitungan kebutuhan uang kartal sebelumnya sekitar Rp 1,4 triliun. Tetapi, karena ada penambahan permintaan ditengah jalan, pihaknya menyiapkan sekitar Rp 1,8 triliun sampai dengan menjelang lebaran nanti.

“Tapi biasanya dalam perjalanan ada beberapa pihak yang belum berencana untuk meminta dan pada akhirnya ikut meminta. Biasanya beberapa retail besar dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), jadi pihaknya mempersiapkan Rp 1,8 triliun,” ucapnya.

Operasi terbatas

Di tahun ini, kata dia, memang ada yang unik. Dimana terdapat libur panjang menjelang lebaran. Pada bulan Mei dan Juni memiliki banyak tanggal merah atau hari libur. Sehingga, permintaan uang tunai bisa saja meningkat.

“Libur panjang dimulai dari 9 Juni hingga 20 Juni 2018. BI sendiri akan tetap buka pada tanggal 19 hingga 20 Juni nanti, yang dinamakan operasi terbatas,” tuturnya.

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah, Bambang Utomo menambahkan, selain penukaran uang melalui perbankan, BI Banten juga mengeluarkan program kas keliling untuk memastikan ketersediaan uang kartal menjelang lebaran nanti.

“Ya, kita ada juga program kas keliling agar memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. (Rizki Putri/PG)*


Sekilas Info

Pemprov Banten Lepas Saham di BJB

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memutuskan melepas seluruh sahamnya sebesar 5 persen di Bank Jawa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *