Lebak Expo University 2020, Untirta Sosialisasikan Jalur Masuk PTN

Humas Untirta menyosialisasikan jalur masuk perguruan tinggi negeri di acara Lebak Expo University. Hal itu juga untuk mengenalkan Untirta kepada masyarakat, di Latansa Hall Rangkasbitung, Sabtu (18/1/2020).*

LEBAK, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyosialisasikan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), di Lebak Expo University (Lexus) 2020, di Latansa Hall Rangkasbitung, Sabtu (18/1/2020).

Kepala Subbagian (Kasubbag) Hubungan Masyarakat (Humas) Untirta Veronika Dian Faradisa mengatakan, pihaknya mengikuti Lebak Expo University untuk mengenalkan Untirta kepada siswa serta untuk memberitahukan jalur masuk PTN melalui SNMPTN, UTBK SBMPTN dan jalur mandiri.

“Saat ini kami sudah memasuki tahapan pada pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 15 Januari hingga 8 Februari 2020. Pada 9 Januari, tahapan pembuatan akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah selesai dilaksanakan. Kami minta kepada pihak sekolah untuk memperhatikan PDSS,” kata Dian kepada Kabar Banten.

Ia meminta kepada pihak sekolah dan siswa agar menyelesaikan tiap tahapan sebelum waktu pengisian pendaftaran berakhir. Hal itu untuk menghindari penumpukan yang berakibat tidak bisa mendaftar jalur masuk seperti pada SNMPTN. Pengumuman kelulusan SNMPTN akan diumumkan pada 4 April 2020 mendatang.

“SNMPTN hanya bisa diikuti oleh peserta didik yang lulus tahun 2020. Selain itu, sekolah juga mempersiapkan siswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN yang akan dibuka pada 7 Februari mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Untirta Adhitya Angga Pratama mengatakan, selain jalur masuk SNMPTN juga ada jalur UTBK SBMPTN, bagi siswa yang ingin mengikuti UTBK SBMPTN terdiri dari tiga kelompok ujian yakni Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan campuran. Materi yang akan diberikan yakni tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TPA).

“Peserta diwajibkan untuk melakukan pendaftaran akun LTMPT untuk mengikuti UTBK pada 7 Februari hingga 5 April mendatang, kemudian tahapan pendaftaran UTBK pada 30 Maret hingga 11 April. Pengumuman akan diumumkan pada 12 Mei, setelah dinyatakan lulus peserta dapat menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar SBMPTN yang dilaksanakan pada 2-13 Juni 2020, serta pengumuman SBMPTN pada 30 Juni mendatang,” ujarnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here